PENGARUH PERSEPSI UANG SAKU, GAYA HIDUP DAN INTENSITAS MENONTON KONTEN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA APLIKASI TIKTOK PADA MAHASISWA DI PURWOKERTO

Dwi Intan, Pandini (2023) PENGARUH PERSEPSI UANG SAKU, GAYA HIDUP DAN INTENSITAS MENONTON KONTEN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA APLIKASI TIKTOK PADA MAHASISWA DI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dwi Intan Pandini_Pengaruh Persepsi Uang Saku, Gaya Hidup Dan Intensitas Menonton Konten Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Aplikasi Tiktok Pada Mahasiswa Di Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Seiring bekembangngnya teknologi yang begitu pesat memberi kemudahan dalam mengakses internet serta berpengaruh pada media sosial yang semakin beragam jenis dan fiturnya. Beberapa media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu YouTube, Instagram, Facebook, Twitter dan TikTok. Kemudahan dalam mengakses berita melalui internet ini juga berimbas pada gaya hidup mahasiswa yang begitu mudah terbawa arus globalisasi. Gaya hidup mahasiswa memiliki relasi yang cukup erat dengan perilaku konsumtif. Selain itu, uang saku juga menjadi salah satu poin yang berkaitan dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pesepsi uang saku,gaya hidup dan intensitas menonton konten terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna aplikasi Tik Tok. Data primer yang digunakan pada penelitian ini merupakan data yang diperoleh dari kuisione yang disebar kepada mahasiswa peguruan tinggi di Puwokerto yang menggunakan aplikasi TikTok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 . Hasil penelitian ini menemukan bahwa tidak adanya hubungan yang positif dan signifikan antara perepsi uang saku dan perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,660 dan t hitung sebesar 0,441. Sedangkan variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan t hitung sebesar 3,921. Variabel intensitas menonton konten juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan t hitung sebesar 4,546. Dan variabel persepsi uang saku, gaya hidup dan intensitas menonton berpengaruh secara simultan terhadap peilaku konsumtif mahasiswa dengan F hitung sebesar 21,102.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Persepsi Uang Saku, Gaya Hidup, Intensitas Menonton
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dwi Intan Pandini sdri
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:15
Last Modified: 27 Feb 2023 04:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18429

Actions (login required)

View Item View Item