PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS KONTEKS ISLAM PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KARTESIUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 3 KEBUMEN

Annisa, Azizatul Jannah (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS KONTEKS ISLAM PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KARTESIUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 3 KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANNISA AZIZATUL JANNAH_PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS KONTEKS ISLAM PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KARTESIUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 3 KEBUMEN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang rendah. Hal ini dilihat dari tes pendahuluan yang dilakukan dengan siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Kebumen, sehingga perlu dilakukan pembaharuan untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Bahan ajar yang menarik dapat mendukung siswa dalam mempelajari matematika dengan mudah. Dengan mengikuti perkembangan teknologi dapat mendorong adanya bahan ajar digital. Sesuai dengan kebutuhan siswa yang berlatar belakang MTs sehingga disesuaikan dengan konteks keseharian yang bermuatan pendidikan islam. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis konteks islam pada materi sistem koordinat kartesius untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Hannafin and Peck. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar digital berbasis konteks islam yang valid, nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dikenai media lebih dari yang tidak dikenai media dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan hasil validasi ahli materi sebesar 82,14% kriteria valid, ahli media sebesar 84,09% kriteria valid, dan ahli konteks islam sebesar 75% kriteria valid. Angket kemenarikan produk berada pada kriteria sangat menarik, yakni uji coba terbatas sebesar 93,10%, uji coba lapangan kelas eksperimen sebesar 92,69%, dan guru sebesar 92%. Pada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis yang dikenai media lebih dari yang tidak dikenai media yakni dilihat pada rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,71 dengan kriteria tinggi dan rata-rata N-Gain kelas kontrol 0,31 dengan kriteria sedang. Kedua data tersebut diuji menggunakan uji t dua sampel independen dengan hasil signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,005 maka ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Bahan ajar digital berbasis konteks islam dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan diperoleh hasil rata-rata uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 71% kriteria cukup efektif dan kelas kontrol sebesar 31% kriteria tidak efektif. Kata Kunci: Bahan Ajar Digital, Konteks Islam, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Digital, Konteks Islam, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Annisa Azizatul Jannah sdri
Date Deposited: 14 Feb 2023 01:46
Last Modified: 14 Feb 2023 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18405

Actions (login required)

View Item View Item