PENGARUH SELF-CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PURWOKERTO

Nur, Istiqomah (2023) PENGARUH SELF-CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUR ISTIQOMAH_PENGARUH SELF-CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Kemampuan pemahaman matematis adalah kemampuan peserta didik dalam menyerap suatu materi atau konsep dan mampu menerapkannya pada situasi yang sedikit berbeda dari yang didapatkannya. Salah satu hal yang diduga berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa adalah self-confidence. Self-confidence adalah salah satu aspek kepribadian yang berisi keyakinan terhadap kemampuan, keterampilan, maupun potensi yang dimilikinya sehingga memiliki pola pikir positif bahwa diri sendiri mampu mencapai segala sesuatu yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh self-confidence terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Purwokerto yang berjumlah 252 siswa dengan sampel berjumlah 155 siswa. Variabel penelitian ini yaitu self-confidence sebagai variabel bebas dan kemampuan pemahaman matematis siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur self-confidence dan tes untuk mengukur kemampuan pemahaman matematis siswa. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara self-confidence terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa sebesar 60,2%. Kata kunci: kemampuan matematika, pemahaman matematis, self-confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan matematika, pemahaman matematis, self-confidence
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nur Istiqomah
Date Deposited: 14 Feb 2023 01:50
Last Modified: 14 Feb 2023 01:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18402

Actions (login required)

View Item View Item