EFEKTIVITAS KINERJA NAZHIR DALAM PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN WAKAF PADA PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HIKMAH WANAREJA CILACAP

Hasan, Hasan (2023) EFEKTIVITAS KINERJA NAZHIR DALAM PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN WAKAF PADA PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HIKMAH WANAREJA CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Hasan 1817204018.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Wakaf menjadi sebuah peluang bagi kebangkitan ekonomi bangsa Indonesia terutama pada pandemi dan pasca pandemi covid 19. Wakaf diharapkan mampu menjadi salah satu solusi ditengah sulitnya ekonomi. Namun, kembali lagi pada sumber daya manusianya, sebesar apapun potensi yang dimiliki jika tidak dibarengi dengan pengelolaan yang tepat tentu saja tidak akan berkembang. Permasalahan bagi para nazhir pada umumnya adalah belum banyaknya yang memiliki jam terbang tentang mengurus wakaf. Karena sesuai tujuan wakaf itu sendiri nazhir dituntut harus mampu memberdayakan wakaf menjadi suatu hal yang dapat menghasilkan atau memberikan nilai ekonomi yang memang diharuskan dalam wakaf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kinerja nazhir dalam pengelolaan dan pengembangan wakaf pada Pondok Pesantren Miftahul Hikmah Wanareja Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didukung oleh data-data lapangan serta informasi dari para pihak yang terkait, efektivitas kinerja nazhir dalam pengelolaan dan pengembangan wakaf pada Pondok Pesantren Miftahul Hikmah Wanareja Cilacap dapat dikatakan belum efektif. Dalam hal ini nazhir belum menunaikan beberapa tugas dan kewajibannya sebagai nazhir. Dengan potensi wakaf yang ada dan dalam jangka waktu yang cukup lama nazhir juga masih belum mengembangkan wakafnya dibidang lain selain bidang pendidikan dan dakwah yang seharusnya dapat dikelola dan dikembangkan pada bidang lain seperti ekonomi dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Nazhir, Pengelolaan, Pengembangan, Wakaf.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Hasan Hasan sdr
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:33
Last Modified: 06 Feb 2023 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18377

Actions (login required)

View Item View Item