MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA

Dwi Ika, Mu'minatun (2023) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DWI IKA MU'MINATUN_Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di SD Purba Adhi Suta Purbalingga.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

SD Purba Adhi Suta merupakan salah satu sekolah reguler di Kabupaten Purbalingga yang menerima anak berkebutuhan khusus. Berdasarkan hasil observasi, terdapat 120 siswa berkebutuhan khusus di SD Purba Adhi Suta Purbalingga. Disini diperlukan adanya model pembelajaraan yang berbeda dari model pembelajaran yang digunakan untuk anak normal di sekolah pada umumnya. Terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memerlukan pemahaman agar nantinya siswa dapat beribadah sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Latar belakang tersebut mendorong penulis untuk mengeksplor lebih jauh mengenai model pembelajaran PAI yang tepat digunakan untuk siswa berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa berkebutuhan khusus di SD Purba Adhi Suta Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field rsearch) dengan pendekatan kualitatif dimana penelitian ini menggambarkan kondisi sebenarnya pada saat proses penelitian dilakukan. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yakni data yang terkumpul dalam bentuk kalimat diuraikan secara naratif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: pertama, Model Pembelajaran PAI bagi siswa berkebutuhan khusus di SD Purba Adhi Suta Purbalingga menggunakan model pembelajaran adaptif dimana dalam pelaksanaan pembelajaran PAI menyesuaikan dengan kodisi peserta didik. Kedua, strategi pembelajaran PAI, metode pembelajaran PAI, teknik pembelajaran PAI, bahan ajar pembelajaran PAI, media pembelajaran PAI, dan evaluasi pembelajaran PAI untuk siswa berkebutuhan khusus di SD Purba Adhi Suta Purbalingga tentunya akan berbeda dari siswa normal pada umumnya karena guru PAI menyesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam di SD, Anak Berkebutuhan Khusus.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dwi Ika Mu'minatun sdri
Date Deposited: 02 Feb 2023 09:10
Last Modified: 02 Feb 2023 09:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18340

Actions (login required)

View Item View Item