KONSTRUKSI PEMBACAAN QS. AL-LAHAB SEBAGAI AMALAN PENANGKAL HUJAN (STUDI LIVING QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-IHYA ‘ULUMADDIN KESUGIHAN)

Camelia, Jannatul Abdillah (2023) KONSTRUKSI PEMBACAAN QS. AL-LAHAB SEBAGAI AMALAN PENANGKAL HUJAN (STUDI LIVING QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-IHYA ‘ULUMADDIN KESUGIHAN). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
CAMELIA JANNATUL ABDILLAH_KONSTRUKSI PEMBACAAN QS. AL-LAHAB SEBAGAI AMALAN PENANGKAL HUJAN (STUDI LIVING QURAN DI PONDOK PESANTREN AL-IHYA ULUMADDIN KESUGIHAN).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Konstruksi Pembacaan Qs. Al-Lahab sebagai Amalan Penangkal Hujan (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan)" merupakan suatu penelitian yang mempunyai tujuan untuk mengetahui praktik pembacaan dan proses konstruksi dalam pemahaman Q.S Al-Lahab sebagai penangkal hujan di Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumaddin Kesugihan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan teknik analisis mendalam atau indepth analysis guna memperoleh dan mengkaji data yang diperlukan sehingga informasi dan data diperoleh dan dikaji secara akurat mengenai Konstruksi Pembacaan QS. Al-Lahab Sebagai Amalan Penangkal Hujan (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan). Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa berdasarkan teori konstruksi sosial karya Peter Burger and Thomas Luckman terdapat tiga moment, yang pertama yaitu moment eksternalisasi merupakan momen di mana santri yang sebelumnya tidak mengetahui adanya pembacaan surah al-Lahab maka diarahkan agar santri dapat meyesuaikan diri dengan adanya amalan pembacaan surah al-Lahab yang ada di pondok pesantren. Kedua momen obyektivasi merupakan momen penyadaran terhadap santri bahwa santri dianjurkan untuk ikut serta mendukung, melaksanakan, dan mempercayai bahwa surah Al-Lahab merupakan salah satu bentuk ikhtiyar kepada Allah untuk menghentikan hujan sementara saat pondok sedang menyelenggarakan acara besar. Ketiga momen internalisasi santri memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dalam pengamalan surah Al-Lahab sebagai amalan penangkal hujan di pondok pesantren Al-Ihya Ulumaddin Kesugihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi, Pembacaan surah al-Lahab, Eksternalisasi, Objektivasi, Internalisasi
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Camelia Jannatul Abdillah sdri
Date Deposited: 02 Feb 2023 09:05
Last Modified: 02 Feb 2023 09:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18337

Actions (login required)

View Item View Item