MOTIVASI DAN PERILAKU PENGGEMAR MUSIK K-POP DI PURWOKERTO (Studi Fenomenologi Pada Santriwati Pondok Pesantren Modern El-Fira)

Ananda, Rosianita Azhari (2023) MOTIVASI DAN PERILAKU PENGGEMAR MUSIK K-POP DI PURWOKERTO (Studi Fenomenologi Pada Santriwati Pondok Pesantren Modern El-Fira). "Jurnal Al-Balagh (Jurnal Dakwah dan Komunikasi), 8 (2). pp. 1-14. ISSN 2527-5682

[img]
Preview
Text
ANANDA ROSIANITA AZHARI_MOTIVASI DAN PERILAKU PENGGEMAR MUSIK KPOP DI PURWOKERTO.pdf

Download (576kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/al-balagh...

Abstract

Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan dari Indonesia yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan lembaga lain. Terdapatnya sistem asrama menjadikan pendidikan di pondok pesantren lebih baik dari lembaga lain. Nilai-nilai keislaman melalui pendidikan pesantren akan lebih tertanam seperti, kemandirian, budi luhur, ketulusan serta solidaritas. Di era ini, banyak pesantren yang mengusung modernitas dalam sistem pembelajarannya, seperti kurikulum serta metode yang dipakai, walaupun dalam hal ini masih ada beberapa ajaran inti yang mempertahankan nilai tradisiona keislaman. Penyebaran budaya K-Pop juga sampai pada kalangan santri, hal ini karena pengusungan modernitas pada pesantren, sehingga santri diperbolehkan dalam mengakses internet atau menonton televisi yang memungkinkan mereka mengetahui bahkan menggemari K-Pop. Konsumsi atas budaya K-Pop inipun terjadi pada santriwati pondok Pesantren Modern El-Fira. Hal ini terlihat dari seringnya memutar lagu-lagu Korea, menonton dramanya, mengoleksi merchandise hingga streaming konser musik secara berbayar atau gratis. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui motivasi serta perilaku penggemar K-Pop di Purwokerto (studi fenomenologi pada santriwati Pondok Pesantren Modern El-Fira). Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 5 orang santriwati yang semuanya merupakan mahasiswa. Sumber data yang digunakan peneliti berupa sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini didapat dari wawancara bersama subyek. Sumber data sekunder didapat dari internet, dokumen, laporan, jurnal, skripsi. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa reduksi data, penyajian data serta verification. Hasil dari penelitian ini adalah adanya motivasi intrinsik dan ekstrinsik yang berpengaruh dalam menggemari K-Pop, seperti timbulnya minat karena melihat visual, lagu atau dari segi musik videonya. Adapaun juga pengaruh dari lingkungan sekitar yaitu dari teman dan keluarga. Dari segi perilaku ditunjukkan dengan perilaku konsumtif yaitu pembelian merchandise K-Pop, dan perilaku penggunaan media untuk mencari informasi terkait K-Pop.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pesantren, K-Pop, Motivasi, Perilaku
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ananda Rosianita Azhari sdri
Date Deposited: 02 Feb 2023 08:38
Last Modified: 02 Feb 2023 08:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18332

Actions (login required)

View Item View Item