KETERAMPILAN MENGELOLA EMOSI DALAM BUKU CERITA BERGAMBAR "AKU CERDAS MENGELOLA EMOSI" KARYA WAKTIEK IDEO DAN FITRI RESTIANA

EFA RISKI, ROMADONA (2023) KETERAMPILAN MENGELOLA EMOSI DALAM BUKU CERITA BERGAMBAR "AKU CERDAS MENGELOLA EMOSI" KARYA WAKTIEK IDEO DAN FITRI RESTIANA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
EFA RISKI ROMADONA _ KETERAMPILAN MENGELOLA EMOSI DALAM BUKU CERITA BERGAMBAR AKU CERDAS MENGELOLA EMOSI KARYA WATIEK IDEO DAN FITRI RESTIANA-dikompresi(1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

KETERAMPILAN MENGELOLA EMOSI DALAM BUKU CERITA BERGAMBAR AKU CERDAS MENGELOLA EMOSI KARYA WATIEK IDEO DAN FITRI RESTIANA Efa Riski Romadona 1617406059 ABSTRAK Kesehatan mental yang berakibat pada perilaku negatif adalah salah satu bentuk ketidak mampuan individu mengelola, mengontrol, serta mengekspresikan emosinya sendiri. Itulah mengapa penting mempelajari keterampilan mengelola emosi sejak usia dini, karena pada tahap ini anak sedang dalam pembentukan seluruh aspek pada tubuhnya. Memperkenalkan dan mengajarkan keterampilan mengelola emosi pada anak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah penggunaan buku cerita bergambar yang mengandung banyak pesan tentang tokoh, cerita, dan perilaku mereka. Penyampaian buku cerita berlangsung dalam suasana yang menyenangkan, sehingga memudahkan anak-anak menerima pesan yang terkandung dalam cerita tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan mengelola emosi anak usia dini dalam buku cerita bergambar karya Watiek Ideo dan Fitri Restiana yang berjudul Aku Cerdas Mengelola Emosi dan mengetahui emosi yang ditunjukkan tokoh-tokoh dalam buku cerita bergambar melalui ilustrasi yang ada di dalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan model penelitian analisis konten. Sesuai dengan teori yang dipaparkan oleh Hurlock bahwa terdapat beberapa macam emosi pada diri anak-anak, yaitu: rasa takut, rasa marah, rasa cemburu, duka cita atau kesedihan, keinginan, kegembiraan, dan kasih sayang. Peneliti mengacu pada Permendiknas No 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, melalui tingkat perkembangan, yang nantinya berdampak pada keterampilan mengelola emosi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa keterampilan dalam hal mengelola emosi diri sendiri dan orang lain, dia antaranya, Kooperatif yang menjadikannya tidak egois, Tolerasi menjadikannya untuk rendah hati, Mengekspresikan Emosi seperti sabar menunggu giliran, Mengenal Tata Krama sepertihalnya mengucapkan terimakasih, Memahami Peraturan dengan pergi kesekolah setiap pagi dan menaati peraturan lalu lintas, Empati menjenguk teman yang sakit, Gigih dapat melalui tantangan dengan sportif, Bangga Terhadap Hasil Karya Sendiri tetapi tidak sombong, yang terkhir yaitu Menghargai Keunggulan Orang Lain seperti dapat dijadikan motivasi positif. Kata kunci: Keterampilan Mengelola Emosi, Buku Cerita Bergambar, Anak Usia Dini THE SKILLS IN MANAGING EMOTIONS IN THE PICTURE STORIES I'M SMART MANAGING EMOTIONS BY WATIEK IDEO AND FITRI RESTIANA Efa Riski Romadona 1617406059 ABSTRACT Mental health that results in negative behavior is a form of individual inability to manage, control, and express their own emotions. That's why is it important to learn emotional management skills from an early age, because at this stage the child is in the process of forming all aspects of his body. Introducing and teaching emotional management skills to children can be done in various ways. One of them is the use of picture story books which contain many messages about the characters, stories, and their behavior. The delivery of story books takes place in a pleasant atmosphere, making it easier for children to accept the messages contained in the stories. The purpose of this study was to determine the skills of managing early childhood emotions in the illustrated story book by Watiek Ideo and Fitri Restiana entitled I'm Smart Managing Emotions and find out emotions are contained in picture story books through the illustrations in them. The method used in this research is library research. This research uses a descriptive method with a content analysis research model. In accordance with the theory presented by Hurlock that there are several kinds of emotions in children, namely: fear, anger, jealousy, grief or sadness, desire, joy, and affection. Researchers refer to Permendiknas No 58 of 2009 Regarding Early Childhood Education Standards, through the level of development, which will have an impact on the skills to manage emotions. Based on the results of this study, it shows that there are several skills in terms of managing the emotions of one self and others, including, Cooperative which makes it unselfish, Tolerance makes it humble, Expressing Emotions such as patiently waiting for one's turn, Knowing Manners as well as saying thank you, Understanding Rules by going to school every morning and obeying traffic rules, Empathy to visit friends who are sick, Persistently able to go through challenges with sportsmanship, Proud of Own Work but not arrogant, the last one is Appreciating the Excellence of Others as it can be used as positive motivation. Keywords: Emotional Management Skills, Picture Story Books, Early Childhood

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengelola Emosi, Buku Cerita Bergambar, Anak Usia Dini
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Efa Riski Romadona sdr
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:13
Last Modified: 02 Feb 2023 07:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18319

Actions (login required)

View Item View Item