STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPEROLEH JUMLAH NASABAH KREDIT USAHA RAKYAT (Studi Kasus Pada Bank BSI KC Purwokerto Sudirman 1 Banyumas)

Amalia Diah, Pawitrasari (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPEROLEH JUMLAH NASABAH KREDIT USAHA RAKYAT (Studi Kasus Pada Bank BSI KC Purwokerto Sudirman 1 Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AMALIA DIAH PAWITRASARI_ STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPEROLEH JUMLAH NASABAH KREDIT USAHA RAKYAT (Studi Kasus Pada Bank BSI KC Purwokerto Sudirman 1 Banyumas).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia saat pandemi Covid-19 sebagian mengalami penurunan hingga sampai tak beroperasi. Dari survey beberapa pebinis sebanyak 35,2% mengalami kekurangan uang untuk membiayai produksi, 30,2% dikarenakan terjadi penurunan secara drastis permintaan pasar atas barang yang mereka jual, 4,9% menutup usahanya karena kesulitan mengakses keuangan internal sedangkan 2,2% dikarenakan kesulitan mengakses bahan baku. Pembiayaan KUR menjadi produk perbankan yang dibutuhkan masyarakat. Karena semenjak terjadinya pandemi Covid-19 mereka mulai melakukan pinjaman pembiayaan untuk mempertahanan usaha bisnisnya. Mengingat bahwa perbankan syariah mengalami peningkatan yang signifikan saat adanya pandemi dikala UMKM sedang mengalami penurunan omset sehingga hal ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja serta identifikasi kondisi internal dan eksternal pembiayaan KUR di Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto Sudirman 1 dengan menggunakan strategi marketing mix dan juga analisis SWOT. Berdasarkan tujuannya, penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Kemudian data dianalisis dengan teknik analisis SWOT. Sedangkan uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi promosi yang dilakukan produk pembiayaan KUR di Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto Sudirman 1 yaitu berupa canvasing, grebeg pasar, mendatangi perkumpulan komunitas, door to door, referral, nasabah existing. Kinerja pembiayaan KUR di Bank Syariah Indonesia dimasa pandemi terus mengalami peningkatan layanan. Dapat dilihat bahwa kini produk pembiayaan KUR di Bank Syariah Indonesia menempati posisi “Grow and Build” atau bertumbuh dan membangun yang menjadi kekuatan internal perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan KUR, Analisis Strategi Pemasaran, Pandemi Covid 19, Perusahaan Perbankan Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Amalia Diah Pawitrasari sdri
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:11
Last Modified: 02 Feb 2023 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18315

Actions (login required)

View Item View Item