Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tilawatil Qur'an di SMP Negeri 1 Kembaran Banyumas

Isti, Rofikoh (2023) Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tilawatil Qur'an di SMP Negeri 1 Kembaran Banyumas. Skripsi thesis, UIN Profesor K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ISTI ROFIKOH 1817402148.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sarana yang sangat penting dalam membentuk generasi yang berkualitas, berbudi pekerti serta memiliki akhlak yang baik, dan merupakan pondasi awal dalam membangun bangsa. Karakter yang berkualitas yaitu dapat diterapkan sejak usia dini. Karena usia dini yaitu usia yang sangat kritis dalam pembentukan karakter seseorang. Lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah juga menjadi pengaruh dalam pembentukan karakter seseorang. Oleh karena itu selain ditanamkan di rumah, pendidikan karakter juga sangat penting untuk diterapkan di sekolah. Pendidikan karakter di seolah dapat diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar, pembiasaan-pembiasaan di sekolah, dan juga kegiatan-kegiatan di luar jam pelajaran, salah satunya yaitu pembelajaran tilawatil qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana implementasi pendidikan karakter pada program pembelajaran tilawatil qur’an di SMP Negeri 1 Kembaran Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan menggunakan metode deskriptif, dengan subjek penelitian antara lain kepala sekolah, waka kesiswaan, pembina tilawah, pelatih tilawah, dan juga siswa yang mengikuti pembelajaran tilawatil qur’an. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, bahwa implementasi pendidikan karakter pada program pembelajaran tilawatil qur’an di SMP Negeri 1 Kembaran Banyumas dapat dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan juga evaluasi. Nilai-nilai karakter yang dapat diterapkan melalui pembelajaran tilawatil qur’an yaitu diantaranya nilai karakter religius, sabar, tekun, kerja keras, tanggung jawab dan semangat kebersamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tilawatil Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Isti Rofikoh
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:06
Last Modified: 02 Feb 2023 04:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18308

Actions (login required)

View Item View Item