URGENSI ASURANSI DALAM PEMBELIAN BARANG ELEKTRONIK DI TOKOPEDIA PERSPEKTIF HIFZ AL-MAL (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Dona, Rosiana (2023) URGENSI ASURANSI DALAM PEMBELIAN BARANG ELEKTRONIK DI TOKOPEDIA PERSPEKTIF HIFZ AL-MAL (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dona Rosiana_Urgensi Asuransi Dalam Pembelian Barang Elektronik di Tokopedia Perspektif Hifz al-Mal (Studi Kasus Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Asuransi merupakan pengalihan risiko akan tanggung jawab beban dari ‎tertanggung kepada penanggung, dengan syarat tertanggung membayar sejumlah ‎uang premi kepada penanggung. Tokopedia menyediakan asuransi berupa ‎proteksi perlindungan guna melindungi barang-barang yang dibeli melalui ‎Tokopedia. Salah satunya proteksi elektronik. Elektronik merupakan barang yang ‎memudahkan pekerjaan manusia. handphone, tab dan laptop barang elektronik ‎yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karenanya risiko akan ‎kerusakan barang tersebut lebih besar, entah rusak karna terjatuh, terlempar ‎maupun hilang karena dicuri atau dirampok. Hifz al-mal berkaitan dengan ‎perlindungan harta, bahwa harta benda yang menjadi kepemilikan pun perlu ‎untuk dilindungi keberadaannya agar tidak hilang manfaat dari barang tersebut, ‎dalam hal ini peneliti tertarik mengkaji penggunaan asuransi barang elektronik ‎menggunakan perspektif hifz al-mal. Penelitian ini guna mengetahui urgensi ‎asuransi dalam pembelian barang elektronik di Tokopedia perspektif hifz al-mal.‎ Penelitian ini menggunakan metode mix method, dimana data kuantitatif ‎kemudian dianalisis menjadi data kualitatif. Pendekatan yang dilakukan ‎menggunakan pendekatan normatif-sosiologis, pendekatan normatif disandarkan ‎pada perspektif hifz al-mal dan pendekatan sosiologis digunakan kepada ‎mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto guna ‎mengetahui perilaku sosial dengan berbagai karakter dan kecenderungannya. Dan ‎metode pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi dan ‎angket/kuesioner.‎ Berdasarkan data yang didapatkan melalui kuesioner yang disebar secara ‎menyeluruh kepada mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin ‎Zuhri Purwokerto ditemukan 3 faktor besar yang mempengaruhi seseorang ‎menggunakan asuransi dalam pembelian barang elektronik di Tokopedia, yakni ‎faktor/alasan ekonomi, faktor/alasan psikologis dan faktor/alasan agama. Dalam ‎pandangan hifz al-mal asuransi termasuk kepada aspek salbiyyah yakni ‎pencegahan, berupa usaha untuk menanggulangi risiko akan hilangnya manfaat ‎dan kerugian yang mungkin akan diderita. Pun dalam penggunaan asuransi lebih ‎banyak membawa maslahah ketimbang mafsadat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asuransi, Tokopedia, Barang Elektronik, Hifz al-mal
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Dona Rosiana sdri
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:50
Last Modified: 02 Feb 2023 03:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18307

Actions (login required)

View Item View Item