PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM INTEGRATIF AQIDAH, IBADAH, DAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-IRSYAD AL-ISLAMIYAH PURWOKERTO

Anisa Fahmi, 1123301153 (2015) PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM INTEGRATIF AQIDAH, IBADAH, DAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-IRSYAD AL-ISLAMIYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ANISA FAHMI_PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM INTEGRATIF AQIDAH, IBADAH, DAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-IRSYAD AL-ISLAMIYAH PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Usia dini merupakan masa keemasan (golden age), artinya masa tersebut merupakan masa terbaik dalam proses belajar yang hanya sekali seumur hidup. Jika tahap ini mampu dioptimalkan dengan memberikan berbagai stimulasi yang produktif, maka perkembangan anak di masa dewasa juga akan berlangsung secara produktif, dan potensi yang dimiliki anak bisa menjadi lebih baik di masa mendatang manakala diberi rangsangan, bimbingan, bantuan, dan perlakuan yang sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu bagian penting yang dioptimalkan sejak anak masih usia dini adalah penanaman nilainilai Islam. Penanaman nilai-nilai Islam yang berlangsung sejak usia dini mampu membentuk religiusitas yang akan mengakar dan mempunyai pengaruh sepanjang hidup. Anak usia dini belum mampu memilah-milah konsep dari berbagai disiplin ilmu, oleh karena itu, keterpaduan konsep tidak dipilah-pilah dalam berbagai disiplin ilmu, tetapi dikait-kaitkan menjadi pengalaman belajar yang bermakna. Maka penanaman nilai-nilai Islam pun perlu diintegrasikan dalam setiap kegiatan belajar anak didik agar lebih mengena dalam hidup mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penanaman nilai Islam integratif pada anak usia dini di TK Al-Irsyad Al-Islamiyah Purwokerto, berupa perencanaan, pelaksanaan, maupun hasil. Jenis pnelitian ini adalah peneliti lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengambilan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai Islam integratif yang ditanamkan kepada anak didik dalam dua jenis kegiatan, yaitu melalui kegiatan rutin atau pembiasaan dan bidang pengembangan kemampuan dasar. Kegiatan rutin atau pembiasaan meliputi: shalat dhuha, hafalan do’a seharihari, hafalan hadits pilihan, infaq dan shadaqoh, makan bersama, dan outbond. Sedangkan bidang pengembanagn kemampuan dasar meliputi: kemampuan fisik motorik berupa kegiatan melakukan gerak di tempat dan kegiatan kebersihan diri dan kemampuan berbahasa berupa bercerita dan bernyanyi, Nilai-nilai Islam tersebut ditanamkan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, pengawasan, ganjaran, kisah/cerita, bernyanyi, bermain, dan karyawisata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Islam Integratif, Nilai Aqidah, Ibadah, Akhlak, Anak Usia Dini
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Dec 2016 05:57
Last Modified: 07 Dec 2016 05:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1830

Actions (login required)

View Item View Item