ANALISIS PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI OLEH PEDAGANG PASAR PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pasar Kliwon Karanglewas Banyumas Jawa Tengah)

Tyas Mustika Rakhmawati, 102323001 (2015) ANALISIS PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI OLEH PEDAGANG PASAR PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pasar Kliwon Karanglewas Banyumas Jawa Tengah). Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
TYAS MUSTIKA RAKHMAWATI_ANALISIS PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI OLEH PEDAGANG PASAR PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pasar Kliwon Karanglewas Banyumas Jawa Tengah).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFATAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Informasi akuntansi merupakan informasi yang diperlukan oleh seorang wirausaha dalam hal ini adalah pedagang pasar guna mengelola bisnis mereka. Dan pedagang dalam hal ini juga termasuk pengguna dari informasi akuntansi dalam konteks pemilik dan penggerak bisnis. Informasi akuntansi memiliki tiga macam penggolongan yaitu informasi akuntansi operasi, informasi akuntansi keuangan dan informasi akuntansi manajemen. Tiga penggolongan dari informasi akuntansi tersebut nantinya akan di analisis menggunakan analisis SWOT, yakni yang nantinya akan memberikan strategi atau gambaran terhadap pedagang pasar mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan dalam penggunaan informasi akuntansi. Namun saat ini masih banyak pedagang pasar terutama pasar tradisional yang masih minim pengetahuan tentang akuntansi sehingga banyak pedagang pasar yang tidak melakukan pencatatan atas transaksi-transaksi mereka dengan baik. Hal tersebut membuat informasi atas akuntansi tidak dihasilkan dengan baik pula. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa tentang penggunaan informasi yang digunakan oleh pedagang pasar di Pasar Kliwon Karanglewas serta mengaitkannya dengan perspektif Ekonomi Islam juga guna memaparkan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan dari penggunaan informasi akuntansi oleh pedagang pasar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan analisis SWOT dan analisis Perspektif Ekonomi Islam melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tersebut menerangkan bahwa pertama, untuk analisis SWOT menciptakan beberapa strategi berkaitan dengan penggunaan informasi akuntansi oleh pedagang pasar yang menerangkan untuk pedagang di dorong untuk mengoptimalisasi, memanfaatkan dan memperkuat beberapa aspek seperti sistem pencatatan yang didukung oleh teknologi, kerjasama antar lembaga, peningkatan zakat, infak dan sedekah, juga di berikan motivasi pada pemberdayaan sumber daya manusia serta menyajikan informasi akuntansi yang bertanggungjawab dikarenakan tantangan saat ini bukan hanya datang dari sesama pedagang pasar tradisional juga datang dari pedagang yang berada di swalayan-swalayan modern. Kedua, dilihat dari analisis perspektif Ekonomi Islam pedagang pasar telah memberikan perlakuan yang tidak menyimpang dari ajaran agama Islam dalam hal pencatatan, pemberian informasi terhadap konsumen dan pihak pengguna informasi lainnya serta dapat mengkondisikan barang dagangan mereka dengan bijaksana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Informasi Akuntansi, Analisis SWOT, Perspektif Ekonomi Islam, Pedagang Pasar, Pasar Kliwon Karanglewas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Dec 2016 03:33
Last Modified: 07 Dec 2016 03:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1823

Actions (login required)

View Item View Item