METODE MENGHAFAL JUZ ‘AMMA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) PUTRA HARAPAN PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Resty Ardani, 1123301082 (2015) METODE MENGHAFAL JUZ ‘AMMA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) PUTRA HARAPAN PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
RESTY ARDANI_METODE MENGHAFAL JUZ ‘AMMA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) PUTRA HARAPAN PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (981kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pra sekolah bertujuan untuk membantu meletakkan dasar-dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya. Melihat realita pada zaman sekarang ini virus televisi sudah menyerang anak-anak yang membuat mereka enggan untuk belajar, mengaji apalagi yang namanya menghafalkan al-Quran sebagai firman Allah, mereka lebih senang untuk menonton film-film yang adadi televisi mereka karena hal itu lebih menarik. Untuk itulah pendidik harus pandai mencari metode atau cara-cara pembelajaran yang bervariatif dan mengikuti serta faham akan psikologi anak. Sebagai pendidik harus kreatif dalam menerapkan metode pendidikan, menanamkan dan memberikan tempaan dalam memberikan pelajaran. Fokus dari penelitian ini adalah bagaimana metode menghafal Juz „Amma di Taman Kanak-Kanak Putra Harapan Purwokerto Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode menghafal juz „Amma di Taman Kanak-Kanak Putra Harapan Purwokerto Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Waktu penelitian ini dilakukan mulai tanggal 16 Februari-16 April 2015. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah ustadzah, kepala sekolah, dan peserta didik untuk mendapatkan data dalam penelitian ini. Objek penelitian ini adalah metode menghafal yang dilakukan ustadzah Taman Kanak-Kanak Putra Harapan Purwokerto Barat. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan, bahwa metode menghafal juz „Amma di Taman Kanak-kanak Putra Harapan meliputi metode tahfidz yakni ustadzah membaca potongan ayat, metode tallaqi yakni siswa menyetorkan hafalan yang baru dihafal kepada ustadzah, metode menghafal dengan bimbingan ustadzah yakni cara menghafal juz „Amma dengan dibimbing oleh seorang ustadzah, metode musyafahah yakni ustadzah membaca terlebih dahulu kemudian disusul oleh siswa, metode takrir yakni mengulang hafalan yang sudah pernah dihafalkan, metode menghafal dengan bantuan tape recorder dan metode sima‟i.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Taman Kanak-Kanak, Metode Menghafal Juz ‘Amma
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Dec 2016 08:55
Last Modified: 06 Dec 2016 08:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1820

Actions (login required)

View Item View Item