PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 LOSARI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA

JARMONO, 1123308046 (2016) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 LOSARI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
JARMONO_PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 LOSARI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sumber belajar dalam setiap pembelajaran merupakan komponen yang sangat penting dalam mencapai pembelajaran yang maksimal, terlebih dalam Pendidikan Agama Islam yang merupakan upaya guna menanamkan nilai-nilai agama dalam rangka pembentukan karakter pada anak dan bekal dalam mencapai kebahagiaan dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat. Untuk itu segala upaya untuk mendayagunakan atau memanfaatkan sumber belajar yang ada hendaknya dimiliki oleh setiap pendidik demi tercapainya pembelajaran yang maksimal. Tujuan penelitian yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui bagaiman pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Losari Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian lapangan yaitu penelitian yang bersinggungan langsung dengan guru Pendidikan Agama Islam yang ada di SD Negeri 1 Losari. Penelitian ini bersifat kualitatif dimana dalam penelitian ini diperoleh data dari orang-orang ataupun perilaku yang diamati baik berupa lisan maupun tertulis. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah teknik analisis data Model Miles dan Huberman. Langkah-langkahnya adalah yang pertama peneliti melakukan reduksi data, kedua peneliti menyajikan data berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan, yang ketiga penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Losari secara umum dapat dikatakan maksimal. Dilihat dari upaya guru dalam mempersiapkan, mendayagunakan dan mengevaluasi pemanfaatan sumber belajar yang ada. Selain itu antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, motivasi belajar yang tinggi dan hasil dari evaluasi dalam bentuk tes tertulis, yang secara umum dapat diketahui tingkat pemahaman siswa yang cukup maksimal. Hal itu mengindikasikan peranan sumber belajar yang cukup efektif dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Losari. Kata Kunci: Sumber belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 14 Jun 2016 02:42
Last Modified: 14 Jun 2016 02:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item View Item