ANALISIS IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS PADA UMKM PANDAWA PROFIL GIPSUM DESA KALIJARAN KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Nurul, Fadilah (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS PADA UMKM PANDAWA PROFIL GIPSUM DESA KALIJARAN KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nurul Fadilah_Analisis Implementasi Etika Bisnis Pada UMKM Pandawa Profil Gipsum Desa Kalijaran Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap Perspektif Etika Bisnis Islam.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

UMKM Pandawa Profil Gipsum merupakan salah satu usaha industri rumahan yang memproduksi aneka dekorasi rumah seperti produk GRC, lis profil gipsum dan lis profil beton. Etika bisnis dalam suatu usaha sangat penting dan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan bisnis yang dilakukan oleh para pelaku bisnis. Penerapan etika bisnis harus mampu dilaksanakan pada setiap aspek perekonomian termasuk dalam penyelenggaraan produksi, distribusi dan konsumsi. Islam sangat menjunjung tinggi etika, pelayanan dengan etika merupakan senjata yang ampuh dalam menarik simpati seseorang. Dengan etika yang baik akan menciptakan simpati dan kepercayaan dari masyarakat. Penelitian ini menjawab pertanyaan bagaimana penerapan etika bisnis yang dilakukan baik ketika proses produksi dan distribusi pada UMKM Pandawa Profil Gipsum perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mendatangi langsung UMKM Pandawa Profil Gipsum dan mengamati penerapan etika bisnis pelaku usaha dan karyawan. Kemudian dilakukan wawancara dengan pelaku usaha, karyawan dan pelanggan dari UMKM Pandawa Profil Gipsum. Selanjutnya dokumentasi yaitu dengan mengumpulkan foto-foto kegiatan pelaku usaha dan karyawan dan data-data terkait penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Milles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa UMKM Pandawa Profil Gipsum sudah menerapkan etika bisnis yang sejalan dengan prinsip etika bisnis Islam denganditerapkannya prinsip-prinsip kesatuan, keseimbangan atau keadilan, kehendak bebas, tanggungjawab, kebenaran. UMKM Pandawa Profil Gipsum tidak hanya memberi kebutuhan dan kepuasan kepada konsumennya saja melainkan juga menjadi sarana ketaatan kepada Allah SWT, dengan tidak hanya mementingkan keuntungan pribadi namun juga memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dengan tidak mengabaikan lingkungan sosialnya. Kata Kunci: Etika Bisnis Produksi, Etika Bisnis Distribusi, Etika Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Produksi, Etika Bisnis Distribusi, Etika Bisnis Islam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Fadilah
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:32
Last Modified: 01 Feb 2023 03:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18175

Actions (login required)

View Item View Item