PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL HUDA KAJORAN MAGELANG

EVA, BIDAYATUL KONIAH (2023) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL HUDA KAJORAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Eva Bidayatul Koniah_Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al-Huda Kajoran Magelang.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab merupakan kegiatan menyampaikan materi bahasa arab di ruang kelas dan disampaikan oleh guru kepada peserta didik baik secara teori maupun praktik sehingga peserta didik dapat memahami materi bahasa Arab yang disampaikan oleh guru secara menyeluruh. Bahasa Arab merupakan satu disiplin ilmu yang terdiri dari berbagai aspek ketrampilan meliputi, ketrampilan mendengar (Maharah Istima’), ketrampilan berbicara (Maharah Kalam), ketrampilan membaca (Maharah Qira’ah), ketrampilan Menulis (Maharah Kitabah). Ketrampilan membaca merupakan salah satu ketrampilan berbahasa yang sangat penting. Ketrampilan membaca huruf arab harus harus dilatih sejak dini seperti membaca kitab kuning, sehingga untuk dapat membaca kitab kuning seseorang terlebih dahulu harus mempelajari ilmu bahasa Arab seperti Qowaid (gramatika bahasa Arab) sebagai ilmu untuk membantu membaca kitab kuning. Rumusan masalah penelitian ini “Bagaimana pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren al-Huda Kajoran Magelang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pembelajaran Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren al-Huda Kajoran Magelang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lapangan (filed research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, deskripsi data dan penyajian data. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Huda Kajoran Magelang dengan menggunakan berbagai metode dan bermacam-macam kitab bahasa Arab harapannya mampu membantu meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning. Tujuan utama pembelajaran bahasa Arab adalah untuk membekali santri agar menguasai bahasa Arab secara keseluruhan sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning. Maka dari itu melalui pembelajaran bahasa Arab yang sudah dilakukan, seluruh santri selalu mengalami peningkatan pada nilai ujian praktek membaca kitab kuning dua tahun terakhir yang menunjukkan pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren al-Huda kajoran magelang dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Kemampuan Membaca, Kitab Kuning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Kemampuan Membaca, Kitab Kuning
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Eva Bidayatul Koniah sdri
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:15
Last Modified: 01 Feb 2023 03:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18161

Actions (login required)

View Item View Item