PROGRAM BUNDA MANDIRI SEJAHTERA (BISA) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BUNDA YATIM (Studi Kasus LAZNAS Yatim Mandiri Purwokerto)

Alafi, Rohmah (2023) PROGRAM BUNDA MANDIRI SEJAHTERA (BISA) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BUNDA YATIM (Studi Kasus LAZNAS Yatim Mandiri Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ALAFI ROHMAH_PROGRAM BUNDA MANDIRI SEJAHTERA (BISA) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BUNDA YATIM (Studi Kasus LAZNAS Yatim Mandiri Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap manusia menginginkan kehidupan yang layak, pemberdayaan bagi masyarakat kurang mampu sangatlah dibutuhkan. Dalam hal ini, Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) bisa dijadikan salah satu sumber modal bagi sebuah pemberdayaan. Tujuan mengenai adanya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pendayagunaan dana zakat, infak, dan sedekah produktif pada Program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA), dan juga mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pendayagunaan zakat, infak, dan sedekah produktif pada Program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) dalam peningkatan pendapatan bunda yatim. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau penelitian secara langsung, dimana dapat dilakukan dilapangan atau pada narasumber. Dalam hal ini, penelitian yang dilakukan dengan mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diambil yakni reduksi data penyajian data, penarikan kesimpulan. Dengan adanya penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa Program Bunda Mandiri Sejahtera (Bisa) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Bunda Yatim (Studi Kasus Laznas Yatim Mandiri Purwokerto) terdapat tiga pembinaan yang dilakukan oleh Bunda Yatim, yakni Pembinaan Ibadah, pendidikan, dan wirausaha. Faktor pendukung dalam program ini yakni adanya dana dari para donatur dan narasumber sebagai pemberi materi disetiap pembinaan. Sedangkan faktor penghambatnya yakni sulitnya mencari calon penerima manfaat (Bunda Yatim) dan sinkronisasi antara Bunda-Bunda binaan, narasumber dan lembaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Bunda Yatim, ZIS, Program BISA
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.25 Pemberian (Termasuk Sadaqah dan Wakaf)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Alafi Rohmah
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:46
Last Modified: 31 Jan 2023 09:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18144

Actions (login required)

View Item View Item