UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA MEMBACA TEKS BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VI DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

YUNI HASTUTI, 102332037 (2014) UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA MEMBACA TEKS BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VI DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
YUNI HASTUTI_UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA MEMBACA TEKS BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VI DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK BMS TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (783kB) | Preview

Abstract

Dalam membina generasi muda yang mahir dalam membaca teks bahasa Arab, banyak jalan yang ditempuh seperti pada sebuah lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan mempunyai peranan penting dalam melatih peserta didik untuk menguasai bahasa Arab dengan mahir membacanya dengan baik dan benar. Akan tetapi, pada realita yang terjadi saat ini mayoritas lembaga pendidikan khususnya tingkat MI kurang memperhatikan terhadap bahasa Arab karena lebih mengedepankan bahasa Asing atau bahasa barat, hal ini seolah-olah mengesampingkan tentang penggunaan bahasa Arab, padahal bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an yaitu kitab sucinya orang Islam, dimana penduduk mayoritas bangsa Indonesia adalah Bergama Islam. Akan tetapi, di MI Ma’arif NU 1 Pageraji tidak hanya mementingkan bahasa Asing atau bahasa barat saja, tetapi juga sangat mengedepankan atau mementingkan terhadap kemahiran membaca teks bahasa Arab. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru bahasa Arab dalam mengatasi problematika membaca teks bahasa Arab bagi siswa kelas VI di MI Ma’arif NU 1 Pageraji kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan, bahwasanya upaya guru yang dilakukan dalam mengatasi problematika membaca teks bahasa Arab bagi siswa kelas VI di MI Ma’arif NU 1 Pageraji meliputi penggunaan metode drill, pemberian motivasi belajar bahasa Arab, pemberian pekerjaan rumah, penghafalan mufrodat, penggunaan tutor sebaya, pemberian perhatian khusus pada siswa yang belum bisa, pembiasaan pembacaan Al-Qur’an dan do’a seharihari, mengadakan pesantren kilat pada bulan Ramadhan dan PHBI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Bahasa Arab, Problematika Membaca Teks Bahasa Arab, MI Ma’arif NU 1 Pageraji
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Dec 2016 07:38
Last Modified: 14 Dec 2016 07:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item View Item