Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Melalui Peningkatan Kapasitas Dan Keterampilan Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Banjarnegara

Hilda, Qurota A'yun (2023) Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Melalui Peningkatan Kapasitas Dan Keterampilan Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Banjarnegara. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Hilda Qurota A'yun_Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Melalui Peningkatan Kapasitas dan Keterampilan Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Banjarnegara.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS MELALUI PENINGKATAN KAPASITAS DAN KETERAMPILAN DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI BANJARNEGARA HILDA QUROTA A’YUN [email protected], Pengembangan Masyarakat Islam NIM. 1817104021 Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Dalam penelitian ini penyandang disabilitas merupakan individual yang kepribadiannya beda dengan individual lainnya. Salah satu hak penyandnag disabilitas ialah mendapatkan Pendidikan dan pelatihan Keterampilan sesuai dengan kemampuan dari diri mereka sediri. Pelatihan keterampilan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Banjarnegara dibentuk karena adanya pihak kepala sekolah dan jajaran guru yang melihat adanya potensi anak. Dan dicetuskannya peltihan keterampilan ini guna memberikan pengetahuan pada orang tua anak penyadang disabilitas khususnya yang kebanyakan masih memiliki pola pikir yang pendek dan untuk masyarakat sekitar yang masih menganggap bahwa penyandnag cacat tidak dapat berkembang. Adapun pelatihan keterampilan yang ada di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Banjarnegara ialah pelatihan keterampilan membatik, keterampilan menjahit, keterampilan seni kriya kayu, keterampilan hantaran dan pelatihan pertanian. Dan adanya program pelatihan keterampilan untuk penyandang disabilitas dilaksankan agar memiliki manfaat untuk penelitian ini, ialah agar bias memberikan referensi atau sudut pandang lain terkait anak-anak penyandang disabilitas (penyandang cacat). Metode penelitian skripsi menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Obyek dalam penelitian ini ialah pemeberdayaan anak-anak penyandang disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Banjarnegara. Hasil penelitian ini menunjukan pemberdayaan penyandang disabilitas melalui peningkatan kapasitas dan keteramiplan yang dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Banjarnegara melalui tahap persiapan, tahap pengkajian, tahap perencanaan alternative kegiatan, tahap formulasi rencana aksi, tahap implementasi kegiatan, tahap evaluasi dan tahap terminasi. Hasil pemberdayaan tersebut memberikan dampak positif, diantaranya meningkatkan kemampuan, kemandirian dan kepercayaan diri pada anak, serta menambah wawasan melalui program pelatihan keterampilan. Akan tetapi pada tahap persiapan, tahap perencanaan alternatife kegiatan dan implementasi kegiatan belum terlaksana dengan maksimal, karena dalam tahapan tersebut masih banyak sarana dan prasarana yang belum terpenuhi, masih kurangnya relasi, kurangnya sumber daya manusia dan kurangnya pelatihan kepada beberapa koordinator. Kata kunci: pemberdayaan, penyandang disabilitas dan peningkatan kapasitas dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan, penyandang disabilitas dan peningkatan kapasitas dan keterampilan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.16 Stratifikasi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hilda Qurota A'yun sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:20
Last Modified: 31 Jan 2023 07:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18111

Actions (login required)

View Item View Item