STRATEGI PEMBELAJARAN IMLA’ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF NU KARANGPUCUNG PURWOKERTO SELATAN

PUPUT, RAHMAWATI (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN IMLA’ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF NU KARANGPUCUNG PURWOKERTO SELATAN. Skripsi thesis, UIN Prof. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PUPUT RAHMAWATI_STRATEGI PEMBELAJARAN IMLA' UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V DI MI MA'ARIF NU KARANGPUCUNG PURWOKERTO SELATAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana strategi pembelajaran imla’ pada siswa kelas V di MI Ma’arif NU Karangpucung Purwokerto Selatan dan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas strategi pembelajaran imla’ untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V di MI Ma’arif NU Karangpucung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pendekatan campuran (mixed method) yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif memberikan hasil penelitian yang lebih baik karena memiliki kekayaan data, karena dapat memadukan atau mengkombinasikan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran imla’ yang diterapkan di kelas V MI Ma’arif NU Karangpucung menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Dengan strategi ekspositori dalam pembelajaran imla’ ini guru menyampaikan materi imla’ secara terstruktur guna memudahkan peserta didik menggandeng huruf dalam membentuk kata dan kalimat. Langkah-langkah strategi ekspositori pembelajaran imla’ meliputi tahap persiapan, penyajian, menyimpulkan dan mengaplikasikan. Efektivitas penggunaan strategi ekspositori dalam pembelajaran imla’ sangat tidak efektif hal ini dibuktikan dengan melihat data menggunakan rumus n-gain skor rata-rata semua siswa n-gain dan efektivitas siswa rata-rata 11,07 %. Jadi rata-rata efektivitas siswa dalam persentase (%) adalah 11. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Imla’, Efektivitas Pembelajaran Imla’
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Puput Rahmawati
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:26
Last Modified: 31 Jan 2023 07:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18107

Actions (login required)

View Item View Item