PENYESUAIAN DIRI DALAM BEKERJA DAN MENIKAH MUDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN KELUARGA PADA LULUSAN SMP-SMA DI DESA PAGERAJI KECAMATANN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

DEFI, YANTI (2023) PENYESUAIAN DIRI DALAM BEKERJA DAN MENIKAH MUDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN KELUARGA PADA LULUSAN SMP-SMA DI DESA PAGERAJI KECAMATANN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DEFIYANTI-SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penyesuaian diri disebut juga sebagai salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap individu, terutama penyesuaian diri terhadap pasangan suami istri setelah melangsungkan pernikahan demi terciptanya hubungan yang harmonis. Pernikahan dini disebut juga sebagai pernikahan yang dilakukan pada usia remaja. Pemerintah menetapkan batas minimal seseoarang boleh menikah adalah 19 tahun, namun kenyataannya masih banyak remaja yang memilih menikah pada usia dibawah 19 tahun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk penyesuaian diri dalam bekerja dan menikah muda untuk memenuhi kebutuhan keluarga pada lulusan SMP-SMA di Desa Pageraji Kecaman Cilongok Kabuputen Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan pasangan yang menikah muda dan bekerja dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga. Penelitian ini meneliti empat pasang suami istri yang menikah muda dan bekerja di wilayah Desa Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaen Banyumas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dan analisis data secara deskriptif lalu disajikan dengan narasi. Hasil penelitian menunjukan faktor terjadinya pernikahan dini dan penyesuaian diri dalam menikah muda yaitu hampir sepenuhnya memiliki pendidikan rendah, hampir setengahnya karena faktor ekonomi yang rendah, hampir seluruhnya karena adat istiadat yang masih dianut dari dulu, serta hampir semuanya karena pemahaman tentang pernikahan yang kurang. Kata Kunci: Pernikahan Dini, Penyesuaian Diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pernikahan dini, penyesuaian diri
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.4 Kumpulan Ayat dan Surat Tertentu
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.9 Sejarah Pengumpulan, Penulisan Hadits
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.36 Pendidikan Wanita
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Defiyanti Defiyanti sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:19
Last Modified: 31 Jan 2023 04:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18089

Actions (login required)

View Item View Item