ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI PUBLIK DI KABUPATEN BANYUMAS (STUDI KASUS PADA LAYANAN BUS TRANSBANYUMAS)

Faisal, Amri (2023) ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI PUBLIK DI KABUPATEN BANYUMAS (STUDI KASUS PADA LAYANAN BUS TRANSBANYUMAS). Skripsi thesis, UIN PROF K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Faisal Amri_Analisis Preferensi Masyarakat dalam menggunakan jasa transportasi publik di Kabupaten Banyumas (Studi Kasus pada Layanan Bus Trans banyumas).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Transportasi disebut juga sebagai urat nadi perekonomian di seluruh negara. Fungsi transportasi yang strategis membutuhkan manajemen yang baik dalam pengoperasiannya. Di Indonesia mempunyai salah satu moda transportasi darat yang sedang populer dengan tujuan untuk mengatasi kemacetan di jalan yaitu Bus Rapid Transit (BRT). BRT ialah moda transportasi umum dengan memberikan pelayanan yang lebih cepat serta efisien dibandingkan dengan moda transportasi yang lain. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi masyarakat terhadap jasa transportasi Bus Trans Banyumas di Kabupaten Banyumas, dalam penelitian ini akan menganalisis tentang harga, kualitas pelayanan dan keterkaitan antara harga dengan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam menggunakan jasa transportasi Bus Trans Banyumas dengan responden yaitu penumpang Bus Trans Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data primer maupun sekunder. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Adapun analisis data menggunakan data reduction kemudian data display dan verification. Adapun indikator harga dan kualitas pelayanan yang meliputi indikator dari harga yaitu: keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga, dan kesesuaian harga dengan manfaat. Sedangkan indikator dari kualitas pelayanan yaitu: Tangibles (bukti langsung), Reliability (kehandalan), Assurance (jaminan), Empathy (empati) dan Responsiveness (kesigapan). Dari hasil penelitian bahwa preferensi masyarakat dapat dipengaruhi oleh variabel harga dan kualitas pelayanan. Hal ini dibuktikan dengan adanya variabel harga dan kualitas pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat dalam menggunakan Bus Trans Banyumas. Dapat disimpulkan harga dan kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap preferensi masyarakat dalam menggunakan jasa transportasi Bus Trans Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Preferensi Masyarakat, Jasa Transportasi, Layanan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.65 Organisasi Profesi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Faisal Amri sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:22
Last Modified: 31 Jan 2023 09:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18078

Actions (login required)

View Item View Item