PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANYUMAS

NANI SUWARTI, NIM. 1223308062 (2016) PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NANI SUWARTI_PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (792kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya adalah interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.Sebagai seorang pendidik, guru senantiasa di tuntut untuk mampu menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa dalam belajar mengajar yang akan berdampak positif dalam pencapaian prestasi hasil belajar. Dalam konsep edutainment pembelajaran dipadukan dengan muatan hiburan seperti film, internet, permainan, atau media lain yang mampu menciptakan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Hal ini memudahkan siswa dalam menerima dan memahami materi pelajaran. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Dengan lokasi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyumas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis edutainment pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyumas?. Metode pengumpulan data yang di gunakan antara lain: (a) metode observasi, metode ini di gunakan untuk memperoleh data terkait pelaksanaan pembelajaran berbasis edutainment pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.(b) metode wawancara, metode ini dilakukan dengan cara penulis menanyakan langsung ke sumbernya, bukan dalam kondisi formal agar susasana yang tercipta menjadi lebih santai dan akrab sehingga jawaban-jawaban yang terlontar yang penulis ajukan merupakan jawaban murni dari fakta yang terjadi.(c) metode dokumentasi, metode ini digunakan untuk memperoleh data terkait madrasah dan data pembelajaran (silabus, RPP, dan foto-foto kegiatan pembelajaran). Hasil penelitian pembelajaran berbasis edutainment pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyumas diketahui bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis edutainment mengacu pada Humanzing Classroom, Active Learning Theory, The Accelereted Learning, dan Quantum Learning Theory. Selain itu materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dipadukan dengan berbagai hiburan seperi multimedia, film, video, lagu/musik, internet, dan juga melakuan aktivitas yang menyenangkan seperti melakuan permainan dan ice breaking. Selain itu, juga ada beberapa upaya yang dilakukan oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis edutainment yaitu: menyapa siswa dengan ramah, memotivasi siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran, menerapkan pembelajaran berbasis aktivitas, menerapkan pembelajaran kolaboratif, dan menggunakan metode yang variatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Edutainment, Sejarah Kebudayaan Islam, Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyumas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:22
Last Modified: 06 Dec 2016 07:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item View Item