MANAJEMEN DAKWAH VIRTUAL PADA AKUN INSTAGRAM NU ONLINE

Uli, Haniatun Ni'mah (2023) MANAJEMEN DAKWAH VIRTUAL PADA AKUN INSTAGRAM NU ONLINE. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Uli Haniatun Ni'mah_Manajemen Dakwah Virtual pada Akun Instagram NU Online.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

MANAJEMEN DAKWAH VIRTUAL PADA AKUN INSTAGRAM NU ONLINE Uli Haniatun Ni’mah NIM. 1617103039 Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Ilmu Prof. Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Media sosial sebagai media dakwah tentu melakukan persiapan di segala bidang. Dalam proses pembuatan media sosial dituntut untuk menerbitkan tulisan yang serba cepat dan sanggup menarik perhatian pembaca. Maka dari itu pada media sosial dibutuhkan sebuah perencanaan yang terorganisir, terarah dan dikendalikan menggunakan aturan yang sesuai. Hal ini dapat tercapai bila fungsi-fungsi manajemen diterapkan. Penerapan fungsi manajemen menjadi salah satu taktik agar media sosial tersebut sanggup bekerja secara efektif & efisien. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, merupakan jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai menggunakan proses statistik. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimana manajemen dakwah yang dilakukan oleh tim instagram @nuonline_id dalam menyebarkan ajaran-ajaran Islam. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer berupa wawancara dan observasi, serta data sekunder berupa dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah admin instagram @nuonline_id, seorang yang turun secara langsung dalam proses manajemen. Hasil dari skripsi ini adalah: manajemen dakwah pada instagram instagram @nuonline_id dalam menyebarkan ajaran Islam berjalan sebagaimana fungsi yang telah diterapkan oleh tim instagram @nuonline_id. Adanya fungsi perencanaan meliputi: membahas topik yang akan diangkat menjadi tema lalu diunggah pada akun instagram @nuonline_id, menyiapkan properti atau fasilitas yang dibutuhkan oleh pendakwah, menyiapkan materi yang akan disampaikan, dan menyiapkan dana. Fungsi pengorganisasian yang diterapkan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan di lapangan, pembagian tugas kepada para staff dengan tugasnya masing-masing, perekrutan anggota yang dilakukan menggunakan perekrutan tertutup. Fungsi penggerakan meliputi: memberikan motivasi dan bimbingan kepada bawahan. Dan yang terakhir fungsi pengawasan, melakukan pengoreksian terlebih dahulu bilama terjadi adanya kesalahan dalam tulisan atau gambar oleh admin dan manajer media sosial. Kata Kunci: Media Sosial, Manajemen Dakwah, Instagram @nuonline_id

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Manajemen Dakwah, Instagram @nuonline_id
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Uli Haniatun Ni'mah sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:56
Last Modified: 31 Jan 2023 08:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18035

Actions (login required)

View Item View Item