Kreativitas Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Tematik Kelas IV MIM Muntang Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga

Elvi, Damayanti (2023) Kreativitas Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Tematik Kelas IV MIM Muntang Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Elvi Damayanti_Kreativitas Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Tematik Kelas IV MIM Muntang Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kreativas guru dalam kegiatan pembelajaran merupakan kemampuan seorang guru dalam mengolah kreativitas serta berfikir tentang bagaimana menerapkan sebuah kegiatan pembelajaran yang dapat menghasilkan suatu karya yang tidak membuat jenuh peserta didik. Guru merupakan seseorang yang bertanggung jawab terhadap proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Proses kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran dapat mengoptimalkan pembelajaran tematik dengan mengimplementasikan keterampilan guru dalam mengajar. Namun dalam kenyataannya guru belum maksimal dalam menguasai dan menerapkan keterampilan pada saat mengajar. Oleh karena itu, penelitian ini memfokuskan kajiannya pada kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran tematik kelas IV MI Muhammadiyah Muntang dilihat dari konsep guru dalam mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang disajikan dalam bentuk diskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti merujuk pada teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kreativitas guru dalam pembelajaran tematik kelas IV MI Muhammadiyah Muntang Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga meliputi 4 aspek, yaitu : kelancaran, flexibility, elaborasi dan keaslian. Salah satu contoh aspek kreativitas yang dilakukan oleh guru yaitu aspek kelancaran, pada saat kegiatan inti guru menjelaskan materi dengan suara yang lantang dan gerakan tangan disertai isyarat untuk mengkondisikan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Pembelajaran Tematik
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ELVI DAMAYANTI sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:53
Last Modified: 31 Jan 2023 08:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18030

Actions (login required)

View Item View Item