IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Juju Legiati, 1123303047 (2015) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
JUJU LEGIATI_IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor guru yang berperan penting dalam proses pembelajaran. Dimana guru memerlukan bimbingan dan arahan dalam mengajar supaya hasil belajar peserta didik dapat meningkat. SD Al-Irsyad Al- Islamiyyah 01 Purwokerto merupakan lembaga pendidikan yang sangat memperhatikan kualitas input, proses dan output pendidikan. Untuk mencapai kualitas tersebut, maka dilakukan kegiatan supervisi pembelajaran. Jadi manajemen supervisi pembelajaran di SD Al-Irsyad Al- Islamiyyah 01 Purwokerto merupakan suatu cara untuk meningkatkan profesionalitas guru di sekolah yang dilakukan oleh supervisor (kepala sekolah). Proses penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cara berfikir analisis kualitatif. Informasi mengenai subyek penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap supervisi pembelajaran dan guru. Metode analisis data yang digunakan adalah pola berfikir Milles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan bahwa kegiatan manajemen supervisi pembelajaran yang dilakukan sudah baik karena sudah memenuhi fungsi manajerial mulai dari perencanaan supervisi pembelajaran yang dilakukan dengan membuat jadwal kapan pelaksaan supervisi dan siapa yang akan disupervisi. Pengorganisasian supervisi pembelajaran sudah tertata dengan jelas karena telah dilakukan pendelagasian wewenang dan tugas supervisor dari kepala sekolah ke wakil kepala sekolah setiap level. Pelaksanaan supervisi pembelajaran dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik supervisi seperti kunjungan kelas, observasi kelas, interview pribadi dan lain-lain. Pengawasan dan evaluasi dilakukan saat pelaksanaan supervisi pembelajaran itu berlangsung, baik saat supervisi terjadwal atau supervisi insidental. Setelah kegiatan tersebut supervisor menyampaikan penilaiannya kepada guru yang bersangkutan, memberi masukan dan memberi bimbingan kepada guru bagaimana seharusnya pembelajaran yang efektif. Semua itu didukung dengan kedisiplinan guru dalam mematuhi aturan dan dalam menjalankan tugas serta sarana dan prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya masih ada beberapa guru yang belum S1 dan kurang inovatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen, dan Supervisi Pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:18
Last Modified: 06 Dec 2016 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item View Item