PESAN DAKWAH DALAM ANIMASI HAFIZ DAN HAFIZAH (STUDI ANALISIS NARASI DI AKUN YOUTUBE @HAFIZ & HAFIZAH)

Wilda, Albab (2023) PESAN DAKWAH DALAM ANIMASI HAFIZ DAN HAFIZAH (STUDI ANALISIS NARASI DI AKUN YOUTUBE @HAFIZ & HAFIZAH). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
WILDA ULIL ALBAB_PESAN DAKWAH DALAM ANIMASI HAFIZ DAN HAFIZAH (STUDI ANALISIS NARASI DI AKUN YOUTUBE @HAFIZ & HAFIZAH).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://repository.uinsaizu.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena ingin mengetahui pesan dakwah yang terdapat dalam film serial animasi Hafiz dan Hafizah pada episode 02 dan episode 03. Dalam menyampaikan pesan dakwah di era digital sekarang ini, diperlukan adanya strategi yang tepat agar pesan tersebut dapat tersampaikan secara lebih baik, efektif dan efisien. Serial animasi dapat dijadikan sebagai media dalam penyampaian pesan dakwah yakni sebagai wujud dari pemanfaatan teknologi di era sekarang ini. Serial animasi yang tidak hanya menjadi tontonan hiburan saja, animasi Hafiz & Hafizah juga dijadikan sebagai media dakwah yang ternyata banyak diminati oleh penontonnya. Dengan aksi lucu para tokoh yang dipadukan dengan banyaknya pesan dakwah disetiap episodenya tidak membuat bosan bagi para penontonnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan model analisis narasi Tzvetan Todorov, menurut teori ini sebuah narasi mempunyai struktur dari awal hingga akhir. Hal tersebut dibagi menjadi alur awal yang terdapat keseimbangan (ekulibrium), kemudian alur tengah terjadinya gangguan, dan alur akhir terciptanya keseimbangan kembali (ekulibrium). Subjek penelitian ini adalah animasi Hafiz dan Hafizah sedangkan Objek penelitian ini terletak pada narasi atau dialog dalam film animasi ini. Hasil penelitian skripsi ini ditemukan bahwa setiap tayangan pada episode 2 dan 3 yang diteliti, mengajarkan karakter Islami kepada setiap penonton melalui berbagai tokoh yang di perankan dalam film animasi Hafiz dan Hafizah. Pesan dakwah yang terdapat pada animasi ini meliputi, pesan dakwah akidah, pesan dakwah syari’ah dan pesan dakwah akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, Serial Animasi Hafiz & Hafizah, Teori Tzvetan Todorov
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Wilda Ulil Albab
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:25
Last Modified: 31 Jan 2023 08:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18013

Actions (login required)

View Item View Item