ALTRUISME RELAWAN BENCANA STUDI PADA RELAWAN MUHAMMADIYAH DISASTER MANAGEMENT CENTER (MDMC) DI KABUPATEN BANYUMAS

Adi, Nugroho (2023) ALTRUISME RELAWAN BENCANA STUDI PADA RELAWAN MUHAMMADIYAH DISASTER MANAGEMENT CENTER (MDMC) DI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ADI NUGROHO_KARAKTER ALTRUISME RELAWAN BENCANA STUDI PADA RELAWAN MUHAMMADIYAH DISASTER MANAGEMENT CENTER (MDMC) DI KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Relawan bencana merupakan salah satu contoh individu yang identik dengan perilaku tolong menolong dengan cara memberikan bantuan pada orang lain yang bersifat tidak mementingkan diri sendiri. Relawan akan menolong korban bencana dengan mengorbankan tenaga, pikiran, dan waktunya tanpa mengharapkan imbalan. Perilaku yang dilakukan relawan tersebut merupakan bentuk dari tolong-menolong yang termasuk dalam perilaku altruisme. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran perilaku altruisme pada relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Banyumas yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Teori yang digunakan adalah teori mengenai karakter altruisme. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa relawan Muhammadiyah Disaster management Center (MDMC) Banyumas menerapkan perilaku altruisme. Adapun perilaku altruisme yang tergambar pada relawan Muhammadiyah Disaster management Center (MDMC) Banyumas adalah rasa empati kepada korban bencana dengan memperioritaskan korban bencana sebagaimana fokus relawan kepada korban, menolong korban bencana tanpa melihat golongan, memiliki rasa kewajiban untuk menolong korban bencana sampai pada kondisi yang lebih baik, dapat mengontrol emosi di lokasi bencana yang salah satunya dengan dapat mencairkan suasana, dan menunjukkan relawan yang mempunyai pekerjaan tetap mempunyai rasa profesional terhadap tugas sebagai relawan dan pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Perilaku Altruisme, Relawan Bencana
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 120 Epistemology, causation, humankind > 128 Humankind
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Adi Nugroho sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:24
Last Modified: 31 Jan 2023 08:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18012

Actions (login required)

View Item View Item