KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PEMENUHAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA DI MIN 1 PURBALINGGA

Ami, Rosita (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PEMENUHAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA DI MIN 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PEMENUHAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA DI MIN 1 PURBALINGGA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Lembaga pendidikan sebagai pelaksana dari proses pendidikan yang pastinya memiliki kepemimpinan yang dapat mengatur semua dengan baik. Untuk menunjang proses pembelajaran yang efektif dan efisien pastinya diperlukan lembaga pendidikan atau sekolah yang harus memiliki fasilitas yang mendukung dan memadai salah satunya sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan kepala madrasah dalam pemenuhan standar sarana dan prasarana di MIN 1 Purbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan informan kepala madrasah sebagai kunci, Waka Sarana dan prasarana sebagai informan pertama, serta staff TU sebagai informan kedua. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah merupakan sosok terpenting dalam menentukan kemajuan atau keberhasilan sekolah salah satunya dalam pemenuhan standar sarana dan prasarana. Standar sarana dan prasarana merupakan tolak ukur untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah, sarana dan prasarana yang tidak sesuai dengan standar yang ada akan berakibat pada kenyamanan siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Peran kepala madrasah dalam standar sarana dan prasarana yaitu mulai dari proses perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, pengawasan serta inventarisasi. Sarana dan prasarana yang ada MIN 1 Purbalingga sudah dikatakan sesuai standar tetapi masih terdapat kekurangan yaitu faktor keterbatasan luas lahan sekolah berupa lapangan/tempat bermain dan Mushola siswa sehingga tidak bisa berjalan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Madrasah,Standardisasi, sarana dan prasarana
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ami Rosita
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:05
Last Modified: 02 Feb 2023 04:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17983

Actions (login required)

View Item View Item