SAPUTRI WIDININGSIH SOLICHAH, 102331064 (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 2 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.
Text
SAPUTRI WIDININGSIH SOLICHAH_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 CILACAP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER, BAB I, BAB V. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya kendala dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu minat peserta didik yang rendah terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, mereka lebih suka dengan mata pelajaran yang berbasis teknologi dan informasi. Selain itu juga karena mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak termasuk dalam mata pelajaran untuk Ujian Nasional. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menuntut agar pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan peserta didik harus aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran, agar proses pembelajaran tidak membosankan, serta tujuan pembelajaran akan tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan mengenai Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 2 Cilacap tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, yaitu penelitian untuk mengumpulkan informasi mengenai keadaan yang ada pada saat penelitian dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama di lapangan model Miles and Huberman, yaitu dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing / verification (penarikan kesimpulan). Dari analisis data tersebut baru dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan, penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Cilacap tahun pelajaran 2014/2015 diantaranya adalah Reading Aloud, Jigsaw Learning, Modelling the Way, Everyone Is A Teacher Here, dan Group Resume. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif tersebut sudah tepat, karena sudah sesuai dengan materi pelajaran dan keadaan atau kondisi peserta didiknya, terlihat dari keantusiasan peserta didik saat mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 02:07 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:07 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1796 |
Actions (login required)
View Item |