HUBUNGAN PEMBIASAAN SHALAT TAHAJUD DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN AL-KARIM KARANG TENGAH BATURRADEN BANYUMAS

Laela, Yuniana (2023) HUBUNGAN PEMBIASAAN SHALAT TAHAJUD DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN AL-KARIM KARANG TENGAH BATURRADEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Laela Yuniana_1817101026.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masyarakat yang cenderung mempercayai bahwa kecerdasan intelektual mampu menjadi penentu tingkat kesuksesan seseorang dimasa yang akan datang. Namun hal ini tidak dibarengi dengan pengembangan tingkat kecerdasan emosional, yang juga memiliki peran penting dalam menata kehidupan manusia. Sehingga banyak dijumpai masyarakat yang mengalami kegagalan dalam membangun hubungan dengan masyarakat sekitar, padahal mereka dianggap memiliki kecerdasan intelektual yang baik. Fenomena semacam ini cenderung dialami oleh remaja hingga dewasa, khususnya mereka yang memasuki bangku SMP-SMA. Hal ini karena usia remaja merupakan usia transisi seseorang yang rentan mengalami gejolak emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan pembiasaan shalat tahajud dengan kecerdasan emosional santri Putri pondok Pesantren Darul Qur‟an Al-Karim Karang Tengah Baturraden Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Selain itu penelitian ini dibantu menggunakan analisis SPSS Ver 22. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh santri putri Pondok Pesantren Darul Qur‟an Al-Karim Karang Tengah Baturraden Banyumas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu nilai = 0,586, kemudian diujikan dengan taraf signifikansi 5%, diketahui nilai taraf signifikansi 5% dengan N=46 adalah 0,291. Maka dapat disimpulkan > ( 0,586 > 0,291). Kemudian setelah disesuaikan dengan tabel penafsiran koefisien korelasi. Nilai sebesar 0,586 berada pada tingkat koefisien korelasi “sedang” ( ditolak dan diterima). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pembiasaan shalat tahajud dengan kecerdasan emosional santri putri Pondok Pesantren Darul Qur‟an Al-Karim karang Tengah Baturraden Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, Shalat Tahajud, Kecerdasan Emosional
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
200 Religion > 204 Special topics
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Laela Yuniana sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:54
Last Modified: 31 Jan 2023 07:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17943

Actions (login required)

View Item View Item