KHITOBAH SEBAGAI PENGEMBANGAN PUBLIC SPEAKING SANTRI (STUDI KASUS PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO)

Lulu, Khumaeroh (2023) KHITOBAH SEBAGAI PENGEMBANGAN PUBLIC SPEAKING SANTRI (STUDI KASUS PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LULU KHUMAEROH_Khitobah Sebagai Pengembangan Public Speaking Santri (Studi Kasus Pada Santri Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci Purwokwerto.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak-Pondok pesantren menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan segala potensi santri. Oleh karena itu, santri dibekali berbagai macam ilmu, baik itu ilmu fiqih, ilmu tafsir, ilmu hadist dan ilmu keagamaan lainnya. Penyelenggaraan kegiatan khitobah dalam pondok pesantren diharapkan dapat membantu santri untuk mengembangkan kualitas diri dan melatih mental santri. Sehingga santri ketika menyampaikan dakwah di hadapan jamaah tidak merasa canggung dan gugup. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan khitobah di pondok pesantren Al Hidayah Karangsuci Purwokerto sebagai pengembangan public speaking santri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penentuan Informan sebagai sumber data dalam penelitian ini terbagi dalam informan kunci dan informan pendukung. Informan Kunci terdiri dari Pengurus Departemen Pendidikan dan Santri Pondok Pesantren Al Hidayah. Kemudian untuk Informan Pendukung adalah Pengasuh, Lurah dan Pengurus Kominfo Pondok Pesantren Al Hidayah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan khitobah di Pondok Pesantren Al Hidayah dilaksanakan setiap sebulan sekali, pada malam Jumat pada minggu ketiga. Tema khitobah untuk mahasiswa disesuaikan dengan kreatifitas santri dan untuk MTs serta SMK akan ditentukan oleh pengurus departemen pendidikan. Dalam pelaksanaannya, terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan khitobah. Faktor pendukung yaitu khitobah sudah menjadi kurikulum wajib, tersedia banyak sumber materi yang dapat diambil dari kajian kitab sehari-hari, dan ada motivasi dari pengasuh pondok pesantren. Kemudian untuk faktor penghambat kegiatan khitobah diantaranya kesiapan pemateri khitobah, petugas yang tidak tepat waktu dan santri yang kurang disiplin. Pelaksanaan kegiatan khitobah membutuhkan beberapa hal yang perlu dilakukan dan diterapkan oleh Departemen Pendidikan Pondok Pesantren yaitu penugasan dalam kegiatan khitobah, pemberian materi public speaking kepada santri, membuat modul pembelajaran dan melakukan pengawasan serta evaluasi. Sehingga pelaksanaan kegiatan khitobah menjadi lebih baik dan membawa perkembangan pada kemampuan public speaking santri. Kata kunci: Khitobah, Public Speaking, Santri, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Khitobah, Public Speaking, Santri, Pondok Pesantren
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 808 Rhetoric and collections of literature
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lulu khumaeroh
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:43
Last Modified: 31 Jan 2023 04:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17918

Actions (login required)

View Item View Item