PENGARUH HARGA TIKET, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS WISATA TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN DENGAN KEPUASAN WISATAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Wahana Edukasi & Outbond Candi Desa Karang Kemiri, Kecamatan Karang Lewas, Kabupaten Banyumas)

Afis Sahaya, Afis (2023) PENGARUH HARGA TIKET, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS WISATA TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN DENGAN KEPUASAN WISATAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Wahana Edukasi & Outbond Candi Desa Karang Kemiri, Kecamatan Karang Lewas, Kabupaten Banyumas). PENGARUH HARGA TIKET, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS WISATA TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN DENGAN KEPUASAN WISATAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Wahana Edukasi & Outbond Candi Desa Karang Kemiri, Kabupaten Banyumas).

[img]
Preview
Text
AFIS SAHAYA_PENGARUH HARGA TIKET, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS WISATA TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN DENGAN KEPUASAN WISATAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Wahana Edukasi & Outbond Candi Desa Karang Kemiri).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pariwisata saat ini menjadi salah satu industri yang tingkat perkembangannya begitu pesat khususnya di negara Indonesia. Seperti yang diketahui bersama Indonesia merupakan negara kepulauan dan memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, sehingga dapat dimanfaatkan menjadi daerah objek wisata yang tentunya akan meningkatkan pendapatan suatu daerah. Persaingan dalam industri pariwisata tentunya sangat ketat oleh karena itu pihak pengelola wisata harus menerapkan strategi yang tepat untuk dapat mempertahan objek wisata yang sedang dikelola sehingga akan berdampak baik untuk keberlangsungan industri pariwisata kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari harga tiket, kualitas pelayanan, dan fasilitas wisata terhadap loyalitas wisatawan di Wahana Edukasi & Outbond Candi dengan menggunakan kepuasan wisatawan sebagai variabel yang memediasi disetiap variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan data primer berupa metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Penentuan populasi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling dengan kriteria yang pernah berkunjung ke Wahana Edukasi & Outbond Candi dan sampel yang didapatkan yaitu sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan namun harga tiket tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas wisatawan. Dalam uji path analysis kepuasan wisatawan diketahui dapat memediasi harga tiket terhadap loyalitas wisatawan namun kepuasan wisatawan tidak mampu untuk memediasi kualitas pelayanan dan fasilitas wisata terhadap loyalitas wisatawan Wahana Edukasi & Outbond Candi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Harga Tiket, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Wisata, Kepuasan Wisatawan, Loyalitas Wisatawan, dan Wahana Edukasi & Outbond Candi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Afis Sahaya
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:40
Last Modified: 31 Jan 2023 04:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17910

Actions (login required)

View Item View Item