METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI GANDRUNGMANGU 01 KAB. CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nukmanul Anwar, 1123301054 (2015) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI GANDRUNGMANGU 01 KAB. CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
Nukmanul Anawar2_METODE PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SDN GANDRUNGMANGU 01 CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat fundamental. Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan yang melalui ajaran Islam yang berupa bimbingan atau asuhan terhadap peserta didik agar nantinya setelah selesai pendidikan, ia dapat memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama Islam yang telah diyakininya dengan menyeluruh serta menjadikan ajaran Islam itu sebagai suatu pandangan hidup demi keselamatan dan kesejahteraan hidupnya di dunia maupun di akhirat. Dengan pendidikan Islam diharapkan manusia mampu membentengi dirinya dari pengaruh globalisasi yang berdapak negatif, yang dapat mempengaruhi keyakinannya. Metode pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam mempunyai pengaruh yang sangat penting pada keberhasilan proses belajar mengajar yang dilakukan guru. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai yang diharapkan, yaitu untuk membentuk akhlak mulia. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Gandrungmangu 01 Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2014/2015? Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI), siswa dan Kepala Sekolah di SD Negeri gandrungmangu 01 Kabupaten cilacap. Data primer diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai awal analisis yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode trianggulasi yang dimulai dengan mengumpulkan data kemudian di uji silang dengan materi yang diperoleh, dan kemudian mereduksi dan mengklarifikasi data. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI di SD Negeri Gandrungmangu 01 Kabupaten Cilacap dalam Pada saat proses pembelajaran guru tidak hanya menggunakan satu metode akan tetapi guru menggunakan metode bervariasi, yaitu dengan cara mencampurkan beberapa metode pada satu kegiatan pembelajaran karena untuk saling melengkapi beberapa kelemahan yang ada pada metode tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Metode Pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:46
Last Modified: 06 Dec 2016 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1790

Actions (login required)

View Item View Item