PERSONAL BRANDING GANJAR PRANOWO MELALUI MEDIA SOSIAL (ANALISIS TEORI PETER MONTONYA PADA AKUN INSTAGRAM @GANJAR_PRANOWO)

Gusti, Rahmat Hidayatullah (2023) PERSONAL BRANDING GANJAR PRANOWO MELALUI MEDIA SOSIAL (ANALISIS TEORI PETER MONTONYA PADA AKUN INSTAGRAM @GANJAR_PRANOWO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Gusti Rahmat Hidayatullah_PERSONAL BRANDNG GANJAR PRANOWO MELALUI MEDIA SOSIAL.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://repository.uinsaizu.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pada dasarnya brand tidak hanya dimiliki oleh sebuah perusahaan saja, akan tetapi setiap individu juga memiliki brand yang dikenal dengan personal branding. Membangun personal branding yang baik di zaman serba teknologi ini merupakan hal yang sangat penting, mengingat semakin kompleksnya persaingan yang terjadi, dengan kemudahan dan kecepatan internet membuat manusia kini lebih mudah menggunakan media sosial. Dampak kemudahan mengakses tersebut membuat Pemimpin Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo aktif dalam penggunaan media sosial instagrammnya, segala aktivitas yang ia lakukan sehari-hari selalu di dokumentasikan lewat foto maupun video dan diunggah lewat instagram milik pribadinya). Berfokus pada konten-konten video dan foto yang diunggahnya dari tanggal 10 Oktober hingga 10 November, peneliti mencoba membedah terhadap pencitraan yang beliau lakukan di media instagramnya dengan menggunakan konsep personal branding melalui The Eight Law Of Personal Branding milik Peter Montonya apakah sesuai dengan kepribadian aslinya atau hanya pencitraan semata yang ia lakukan untuk memenuhi konten di media sosial instagramnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan model kodifikasi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan atau verivikasi, dengan mengintrepetasikan dan menganalisis data-data yang ada berdasarkan teori yang digunakan peneliti untuk menarik kesimpulan. Dari penelitian yang telah dilakukan pada unggahan akun instagram @ganjar_pranowo dapat menunjukan bahwa personal branding Ganjar Pranowo memenuhi kedelapan konsep utama milik personal branding Peter Montonya yaitu: 1. (The Law of Specialization), 2.(The Law of Leadership), 3. (The Law of Personality), 4. (The Law of Distinctiveness), 5.(The Law of Visibility), 6. (The Law of Unity), 7. (The Law of Peristence), 8. (The Law of Goodwill). Akan tetapi untuk mengimbangi semua personal branding yang dilakukan Ganjar Pranowo, peneliti juga mengambil sisi respon negatif netizen terhadap unggahannya gunanya untuk mengimbangi apakah personal branding yang dilakukan tetap berhasil atau bisa dikatakan tidak berhasil. Kata Kunci: Personal branding, Pemimpin, dan Media Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Personal branding, Pemimpin, dan Media Sosial
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Gusti Rahmat Hidayatullah
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:38
Last Modified: 31 Jan 2023 07:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17890

Actions (login required)

View Item View Item