UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM PENCIPTAAN LAYANAN PRIMA DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON BANYUMAS

Muhtar, Yusuf (2023) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM PENCIPTAAN LAYANAN PRIMA DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saefuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhtar Yusuf_191765019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya program pendidikan adalah Service Excellent dimana ini akan mempengaruhi nyaman tidaknya masyarakat sekolah. Bentuk kepemimpinan kepala MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon meliputi empat tahapan yakni analisis kompetensi, penyusunan program, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kepemimpinan Kepala MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon dalam penciptaan pelayanan prima, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon. Data penelitian ini diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru, komite, siswa dan wali siswa. Teknik analisis data dilakukan melalui langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa bentuk kepemimpinan Kepala MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon adalah menggunakan gaya kepemimpinan demokratis. Dalam memberikan pelayan prima, Kepala Madrasah selalu berupaya agar guru-guru dapat berkembang lebih maju dalam hal belajar, seperti mengirimkan guru-guru secara bergantian untuk magang, mengadakan seleksi guru yang sangat ketat, menciptakan pembelajaran E-Learning dan E-Administrasi, mengadakan fasilitas yang sangat memuaskan untuk mengajar di setiap kelas. Upaya yang dilakukan oleh Kepala MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon dalam meningkatkan pelayanan prima diantaranya juga adalah meningkatkan kemampuan guru dan karyawan, bersikap dan berbicara yang sopan kepada pelanggan, berpenampilan yang sopan dan menarik, memberikan perhatian penuh kepada pelanggan, memberikan Tindakan yang cepat, dan bertanggung jawab kepada pelanggan. Kata kunci: Upaya, Kepala Madrasah, Pelayanan Prima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Kepala Madrasah, Pelayanan Prima
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhtar Yusuf sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:24
Last Modified: 31 Jan 2023 04:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17886

Actions (login required)

View Item View Item