PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR KELAS IV DI MI MA'ARIF NU 1 KARANGGAMBAS KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA

Fadilah, Istikomah (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR KELAS IV DI MI MA'ARIF NU 1 KARANGGAMBAS KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FADILAH ISTIKOMAH 1817405015 FIX.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang ditakuti oleh para siswa, hal ini sudah berlangsung diberbagai sekolah karena pelajaran matematika yang dianggap sulit oleh para siswa salah satunya adalah banyaknya rumus dan sulitnya memahami pemahaman disetiap materi pembelajaran. Sehingga guru dalam proses pembelajaran perlu memahami model pembelajaran yang mampu membuat para siswa menyukai mata pelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan berfikir siswa dan memahami berbagai model pembelajaran sehingga dapat merangsang kemampuan peserta didik untuk belajar dengan perencanaan pengajaran yang matang oleh guru. Salah satu solusi alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berfikir pada siswa adalah dengan melakukan penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning. Model Inquiry Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan peserta didik aktif secara penuh dalam proses pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut MI Ma’arif NU 1 Karanggambas Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga menerapakan model pembelajaran Inquiry Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika materi luas bangun datar kelas IV. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning yakni membuat RPP, selanjutnya dalam proses pembelajaran guru melaksanakan model pembelajaran Inquiry Based Learning para siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran matematika pada materi luas bangun datar, siswa lebih mudah dalam memahami konsep awal bangun datar sehingga anak mudah memahami dalam menentukan rumus yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung. Kata kunci : Model Pembelajaran Inquiry Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Matematika, Materi Luas Bangun Datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inquiry Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Matematika, Materi Luas Bangun Datar.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fadilah Istikomah sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:01
Last Modified: 31 Jan 2023 04:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17862

Actions (login required)

View Item View Item