STRATEGI PEDAGANG KECIL MUSLIM DALAM PERSAINGAN ANTAR PEDAGANG KECIL PERSPEKTIF SOSIOLOGI EKONOMI (Studi di Pasar Wage Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah)

Lutfia Putri Pangestuti, 1123203033 (2015) STRATEGI PEDAGANG KECIL MUSLIM DALAM PERSAINGAN ANTAR PEDAGANG KECIL PERSPEKTIF SOSIOLOGI EKONOMI (Studi di Pasar Wage Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah). Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
LUTFIA PUTRI PANGESTUTI_STRATEGI PEDAGANG KECIL MUSLIM DALAM PERSAINGAN ANTAR PEDAGANG KECIL PERSPEKTIF SOSIOLOGI EKONOMI (Studi di Pasar Wage Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan ekonomi persaingan adalah suatu konsep yang kerap digunakan untuk mengerti bagaimana pembentukan harga pasar dan keputusan penetapan harga oleh suatu perusahaan atau penjual. Pasar merupakan satu kelompok penjual dan pembeli yang mempertukarkan barang yang dapat disubstitusikan. Hal ini menimbulkan pola dinamika sosial yang juga mempengaruhi persaingan yang terjadi. Pedagang kecil muslim merupakan suatu bentuk kumpulan pesaing aktual dan potensial di pasar. Di mana pedagang ini melakukan pembelian dalam skala kecil. Para pedagang kecil memiliki strategi untuk menghadapi persaingan antar pedagang dengan perspektif sosiologi ekonomi. Jenis penelitian dalam penulisan penelitian adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pasar Wage Purwokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang kecil muslim dalam menghadapi persaingan antar pedagang yang ada di Pasar Wage Purwokerto dilakukan dengan memahami struktur sosial pedagang kecil muslim di Pasar Wage Purwokerto yaitu dalam bentuk menjalin relasi baik dengan pedagang, pembeli maupun petugas pasar dan juga membentuk sebuah paguyuban agar di Pasar Wage Purwokerto tidak ada monopoli dan praktek distorsi pasar lainnya. Selain itu, terbentuk merupakan perubahan sosial yang berlangsung secara lambat antar pedagang yang ada di Pasar Wage Purwokerto. Seiring berjalannya waktu para pedagang memang bersaing dalam merebut pembeli, namun mereka bekerjasama dalam beberapa hal, misalnya dalam penetapan harga. Itu bisa dilakukan karena para pedagang memiliki jaringan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Persaingan, Pedagang Kecil Muslim, Sosiologi Ekonomi
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Dec 2016 08:06
Last Modified: 05 Dec 2016 08:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1786

Actions (login required)

View Item View Item