PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TK ISLAM AL AZHAR 39 PURWOKERTO

Rahajeng Asmiyanti Nurul Khotimah, 1123301129 (2015) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TK ISLAM AL AZHAR 39 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
RAHAJENG ASMIYANTI N.K_PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TK ISLAM AL AZHAR 39 PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Bangsa Indonesia saat ini sedang berada pada krisis moral/akhlak generasi muda yang hancur. Banyak faktor penyebabnya, bisa karena pergaulan yang salah, beredarnya narkoba dikalangan remaja, beredarnya video dan gambar-gambar porno dikalangan pelajar, salahnya atau kurangnya pengetahuan tentang agama. Ini menjadi PR bagi bangsa Indonesia. Untuk menghadapi krisis moral/akhlak generasi muda yang seperti ini, pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya menerapkan pendidikan karakter di sekolah-sekolah. Akhlak yang baik akan membentuk karakter yang baik. Karakter perlu dibentuk semenjak anak berusia dini mungkin, karena pada anak usia dini lebih mudah dibentuk karakternya. Dan pembentukan karakter ini juga harus disertai dengan pembiasaan-pembiasaan, agar nantinya sampai dewasa ia akan tetap melakukan kegiatan itu tanpa harus diperintah lebih dahulu dan agar anak tersebut bertindak sesuai dengan norma dan aturan yang ada. Salah satu sekolah yang sudah melaksanakan pembentukan karakter melalui metode pembiasaan pada anak usia dini yaitu TK Islam Al Azhar 39 Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembentukan karakter siswa yang menggunakan metode pembiasaan di TK Islam Al Azhar 39 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola berfikir induktif. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, bahwa pembentukan karakter siswa melalui metode pembiasaan di TK Islam Al Azhar 39 Purwokerto meliputi: bagaimana karakter yang dibentuk, nilai-nilai karakter dan pembisaan yang dibentuk meliputi: beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, jujur, cinta alam, disiplin, bertanggungjawab, mandiri, dan bergaya hidup sehat. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembentukan karakter siswa melalui metode pembiasaan cocok diterapkan di TK Islam Al Azhar 39 Purwokerto, sesuai dengan perkembangan dan lingkungan anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Metode Pembiasaan, TK Islam Al Azhar 39 Purwokerto
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Dec 2016 07:50
Last Modified: 05 Dec 2016 07:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item View Item