PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF ARAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU 1 WANGON KABUPATEN BANYUMAS

Yogi Bayun Wiasih, 1123302006 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF ARAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU 1 WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
YOGI BANGUN WIASIH_PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF ARAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU 1 WANGON BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peningkatan adalah upaya meningkatkan keterampilan menulis yang dilakukan oleh guru Bahasa Arab dalam memberikan perangsang (stimulus), bimbingan, pengarahan dan dorongan dari seorang guru kepada siswa agar terjadi proses belajar. Dalam penelitian ini pembelajaran keterampilan menulis huruf Arab digunakan dalam serangkaian sistem pembelajaran yang memegang peranan sangat penting dalam keberhasilannya. Skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya variasi dalam proses pembelajaran keterampilan menulis huruf Arab yang dilakukan oleh guru Bahasa Arab MTs Ma‟arif NU 1 Wangon untuk menyampaikan materi pembelajaran Bahasa Arab kepada peserta didik, sehingga mereka mampu menguasai kompetensi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Dari hal tersebut diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata Bahasa Arab sudah memenuhi standar minimal yaitu 7,5. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Peningkatan Keterampilan Menulis Huruf Arab dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Ma‟arif NU 1 Wangon Kabupaten Banyumas?. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana proses Peningkatan keterampilan menulis huruf arab dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Ma‟arif NU 1 Wangon. Penelitian ini jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Dikatakan deskriptif analisis karena penelitian ini bersifat memaparkan suatu keadaan yang apa adanya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu cara guru dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis huruf Arab yaitu dengan cara memberikan contoh, reproduksi, dan melakukan imla, hal itu terlihat dari aktifitas peserta didik ketika mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mendominasi aktifitas pembelajaran dengan melakukan segala aktifitas belajar sehingga lebih mendalami materi pelajaran serta lebih memahami cara menulis secara baik dan benar dan semakin termotivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Dec 2016 07:43
Last Modified: 05 Dec 2016 07:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1783

Actions (login required)

View Item View Item