TRADISI MENJADI BURUH MIGRAN DALAM KELUARGA AGRARIS PETANI DI DESA CIHONJE KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS

Mohamad, Fiqri (2023) TRADISI MENJADI BURUH MIGRAN DALAM KELUARGA AGRARIS PETANI DI DESA CIHONJE KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Mohamad Fiqri_Tradisi Menjadi Buruh Migran Dalam Keluarga Agraris Petani di Desa Cihonje Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tercatat Desa Cihonje merupakan salah satu desa terbanyak dalam pengiriman buruh migran di Kabupaten Banyumas.Adanya fenomena menjadi buruh migran yang berlangsung secara turun temurun sudah berlangsung lama.Buruh migran yang dari desa pada umumnya berasal dari keluarga yang memiliki sumber mata pencaharian sebagai petani.Pemanfaatan tanah dan lahan merupakan salah satu sumber mata pencaharian serta status sosial dalam kehidupan masyarakat desa.Makin terbukanya kesempatan kerja pada sektor non pertanian membawa akibat semakin tersebarnya alokasi tenaga kerja keluarga ke berbagai sektor, dari mulai di luar desa hingga menjadi tenaga kerja di luar negeri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui cara pandang masyarakat Cihonje terhadap ekonomi keluarga berkelanjutan berbasis agraria dan mengapa keluarga petani menjadi buruh migran dan mewarisi secara turun- temurun kepada keluarga. Untuk memperoleh hasil penelitian maka peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif denganjenispenelitianlapangan (field research) denganteknikpengumpulan data berupawawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa model ekonomi berkelanjutan berbasis agraria pada masyarakat Desa Cihonje kurang diminati.Hal itu karena pandangan masyarakat terhadap profesi petani yang dianggap kurang prestisius, tidak prospektif dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok saja.Sehingga oleh sebab itu, keluarga agraris petani mencari alternatif pekerjaan yang dianggap mampu memberikan hasil yang lebih, yaitu menjadi buruh migran.Hasil dari menjadi buruh migran dianggap dapat merubah ekonomi keluarga secara cepat karena upah yang diperoleh jauh lebih tinggi dari mata pencaharian yang ada di desa.Selain itu menjadi buruh migran dianggap hal yang praktis, tidak diperlukan biaya dan tingkat pendidikan yang tinggi. Kata Kunci : Buruh Migran, Keluarga Agraris Petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buruh Migran, Keluarga Agraris Petani
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.68 Organisasi Buruh
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mohamad Fiqri sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:34
Last Modified: 31 Jan 2023 03:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17828

Actions (login required)

View Item View Item