RETORIKA DAKWAH USTADZ ADI HIDAYAT DALAM VIDEO TENTANG “AQIDAH ” DI CHANNEL YOUTUBE MIRA INSTITUTE

Hanifah, Nur Fadhilah (2023) RETORIKA DAKWAH USTADZ ADI HIDAYAT DALAM VIDEO TENTANG “AQIDAH ” DI CHANNEL YOUTUBE MIRA INSTITUTE. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Hanifah Nur Fadhilah_1917102062.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Melihat perkembangan zaman dakwah yang smeakin maju, dakwah tidak hanya dilakukan melalui buku-buku, masjid, musholla, atau lembaga keagamaan lainnya. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk berdakwah melalui media sosial, salah satunya yaitu youtube. Peluang baik bagi para pelaku dakwah (da’i) ketika dapat memanfaatkan youtube dengan mengupload konten-konten keislaman. Dakwah seperti halnya yang dilakukan oleh Ustadz Adi Hidyat yang mulai terkenal di media sosial youtube melalui dakwahnya. Berbeda dengan ustad lainnya, Adi Hidayat memiliki keunikan tersendiri. Hal itu terlihat dari penyampaian dakwah dengan menggunakan papan tulis, gaya bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana retorika yang digunakan oleh Ustadz Adi Hidayat, sehingga peneliti melihat masalah bagaimana Retorika Ustadz Adi Hidayat dalam media sosial youtube, kemudian menganalisis video yang berjumlah 8 video yang berjudul aqidah pada channel mira institute. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teori Retorika dari Aristoteles. Hasil penelitian yang didapat dari menganalisis retorika Ustadz Adi Hidayat dalam ceramah yang berjudul “aqidah” sangat bervariasi. Teori Retorika Aristoteles adalah teori retorika yang menyebutkan bahwa seorang retor harus memiliki 3 aspek yang sangat penting saat untuk bisa memersuasi pendengar. 3 aspek tersebut adalah: (1) Ethos: kelayakan seorang pembicara dalam berbicara, kredibilitas pembicara di hadapan pendengar. (2) Pathos: kemampuan pembicara untuk menyajikan materi yang bisa menyentuh sisi emosi. Kemampuan pembicara untuk membangkitkan sisi emosi pendengar. (3) Logos: kemampuan pembicara untuk menyampaikan argumentasi yang masuk akal, kemampuan pembicara untuk meyakinkan pendengar dengan argumentasi yang bisa mengunci akal pendengar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Retorika Dakwah, Aqidah, Ustadz Adi Hidayat, YouTube
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hanifah Nur Fadhilah sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:30
Last Modified: 31 Jan 2023 03:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17816

Actions (login required)

View Item View Item