Analisis Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert Dan Introvert Siswa SMP Muhammadiyah Tonjong Kabupaten Brebes

Adinda Mayla, Rizqiyati (2023) Analisis Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert Dan Introvert Siswa SMP Muhammadiyah Tonjong Kabupaten Brebes. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Adinda Mayla Rizqiyati_Analisis Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert Dan I.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya proses berpikir kreatif matematis siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Tonjong Kabupaten Brebes dalam menyelesaikan masalah matematika persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah tipe kepribadian yang dimiliki oleh siswa, baik siswa tipe kepribadian extrovert maupun siswa tipe kepribadian introvert. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert siswa SMP Muhammadiyah Tonjong Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah Mix Method Research (MMR). Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Tonjong Kabupaten Brebes tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 6 subjek. Instrumen pada penelitian ini berupa angket kepribadian untuk mengetahui tipe kepribadian siswa baik extrovert maupun introvert dan instrumen tes tertulis untuk mengetahui proses berpikir kreatif matematis siswa. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, siswa tipe kepribadian extrovert dengan jumlah 17 siswa terbagi dari kelompok kreatif 6 siswa yang memenuhi keempat indikator (kelancaran, kelenturan, keaslian, dan elaborasi), kelompok cukup kreatif 7 siswa memenuhi tiga indikator (kelancaran, kelenturan, dan elaborasi), dan 4 siswa kelompok kurang kreatif memenuhi dua indikator (kelenturan dan keaslian). Sedangkan siswa tipe kepribadian introvert dengan jumlah 14 siswa terbagi dari kelompok kreatif 2 siswa memenuhi keempat indikator (kelancaran, kelenturan, keaslian, dan elaborasi), kelompok cukup kreatif 9 siswa memenuhi tiga indikator (kelancaran, keaslian, dan elaborasi), dan 3 siswa kelompok kurang kreatif tidak memenuhi salah satu dari keempat indikator. Kata Kunci: Proses Berpikir Kreatif Matematis, Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Kepribadian Extrovert dan Introvert

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Berpikir Kreatif Matematis, Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Kepribadian Extrovert dan Introvert
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Adinda Mayla Rizqiyati
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:11
Last Modified: 31 Jan 2023 03:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17777

Actions (login required)

View Item View Item