KOMUNIKASI ANTARBUDAYA SANTRI PONDOK PESANTREN RUBAT MBALONG ELL FIRDAUS DESA TAMBAKSARI KECAMATAN KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP (Dalam Perspektif Teori Akomodasi Komunikasi)

Lisa, Rahmawati (2023) KOMUNIKASI ANTARBUDAYA SANTRI PONDOK PESANTREN RUBAT MBALONG ELL FIRDAUS DESA TAMBAKSARI KECAMATAN KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP (Dalam Perspektif Teori Akomodasi Komunikasi). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LISA RAHMAWATI_KOMUNIKASI ANTARBUDAYA SANTRI PONDOK PESANTREN RUBAT MBALONG ELL FIRDAUS (1).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kehidupan antarbudaya yang terjadi pada santri Pondok Pesantren Rubat Mbalong Ell Firdaus Kedungreja terjadi hampir setiap hari, perbedaan suku pada mereka menimbulkan perbedaan pula dalam perilaku komunikasi. Dimana terdapat santri yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Barat yang sulit untuk beradaptasi dilingkungan baru, cenderung menggerombol dengan kebudayaan asal, dan merasa canggung untuk melakukan komunikasi dengan pengurus atau pengasuh. Penelitian ini bermaksud untuk mendeksripsikan bagaimana komunikasi antarbudaya serta hambatan yang terjadi di Pondok Pesantren Rubat Mbalong Ell Firdaus, penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil lokasi di Pondok Pesantren Rubat Mbalong Ell Firdaus, Desa Tambaksari, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat proses komunikasi antarbudaya yang terjadi pada santri Pondok Pesantren Rubat Mbalong Ell Firdaus. Pola komunikasi antarbudaya yang terjadi yaitu ditunjukkan dengan adanya santri yang melakukan proses adaptasi budaya, sikap saling menghormati, dan proses pengulangan komunikasi. Akomodasi komunikasi yang dilakukan pada santri Pondok Pesantren Rubat Mbalong Ell Firdaus yaitu konvergensi, divergensi, dan akomodasi berlebihan. Hambatan komunikasi antarbudaya yang dirasakan oleh santri yaitu perbedaan bahasa, pengaruh budaya lain, dan persepsi pelaku komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarbudaya, Santri, Adaptasi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lisa Rahmawati sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:56
Last Modified: 31 Jan 2023 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17724

Actions (login required)

View Item View Item