ANALISIS NILAI-NILAI SOSIAL DALAM TAFSIR AL-MISBAH SURAT AT-TAUBAH AYAT 71-72 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

Khikmatul, Khanifah (2023) ANALISIS NILAI-NILAI SOSIAL DALAM TAFSIR AL-MISBAH SURAT AT-TAUBAH AYAT 71-72 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Khikmatul Khanifah-Analisis Nilai Sosial.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sosial merupakan hal yang penting bagi setiap individu. Hubungan sosial sangat dibutuhkan dalam tata cara hidup bermasyarakat. Manusia di muka bumi tidak bisa hidup dengan sendiri. Melainkan membutuhkan bantuan dari orang lain untuk berinteraksi dan saling tolong menolong. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai nilai-nilai sosial disini diambil dalam tafsir Al-Misbah surat At-Taubah ayat 71-72. Adapun tujuan penulisan skripsi ini yakni untuk menganalisis nilai-nilai sosial dalam tafsir Al-Misbah surat At-Taubah ayat 71-72 dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (library research), sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian skripsi ini yakni menggunakan metode Maudlu‟i. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi yang mana diperoleh dari penafsiran Q.S. At-Taubah ayat 71-72 yaitu tafsir Al-Misbah, serta sumber tertulis berupa jurnal, buku dan juga dokumen lainnya yang menunjang perolehan informasi bagi proses penelitian ini. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat empat nilai-nilai sosial dalam tafsir AlMisbah surat At-Taubah ayat 71-72, yakni tolong menolong, amar ma‟ruf nahi mungkar, solidaritas sosial dan persaudaraan. Relevansi nilai sosial dalam surat A-Taubah ayat 71-72 terhadap pendidikan Islam, bahwa pendidikan Islam seperti tolong menolong karena manusia tidaklah bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain, mengatur cara bersosial kepada sesama makhluk Allah SWT. dengan cara yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sosial, Surat At-Taubah Ayat 71-72, Pendidikan Islam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khikmatul Khanifah sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:38
Last Modified: 31 Jan 2023 02:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17663

Actions (login required)

View Item View Item