PEMBELAJARAN IPA KELAS III DI MI MA’ARIF 03 GENTASARI KROYA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Rose Diana Nurhandini, 102335060 (2014) PEMBELAJARAN IPA KELAS III DI MI MA’ARIF 03 GENTASARI KROYA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ROSE DIANA NURHANDINI_PEMBELAJARAN IPA KELAS III DI MI MA’ARIF 03 GENTASARI KROYA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA mempunyai peran yang penting dalam perkembangan teknologi. Orang yang mempelajari IPA memiliki sikap ilmiah untuk membangkitkan minat serta kemampuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta pemahaman tentang alam semesta yang mempunyai banyak fakta bersifat rahasia dan belum terungkap sehingga 2 hasil penemuannya dapat dikembangkan menjadi ilmu pengetahuan alam dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Guru merupakan komponen yang sangat penting dalam pembelajaran karena keberhasilan pembelajaran sangat tergantung pada guru sebagai ujung tombak. Kemampuan yang harus dimiliki oleh guru yaitu kemampuan mengelola kelas dengan baik berupa penggunaan metode sesuai dengan materi pelajaran dan penggunaan media yang bervariasi sehingga tujuan dalam pembelajaran tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas III MI Ma’arif 03 Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Hal ini berdasarkan pada tempat penelitian yaitu MI Ma’arif 03 Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Menurut aspek metode, penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu kejadian gejala menurut apa adanya pada saat penelitian itu dilakukan. Dalam pengumpulan data peneliti mnenggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Berdasarkan data yang dikumpulkan dan nantinya diolah, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian yang dilakukan di MI Ma’arif 03 Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap, bahwa pembelajaran IPA menggunakan berbagai macam metode dan media pembelajaran yang bervariasi. Metode pembelajaran IPA kelas III di MI Ma’arif 03 Gentasari yaitu metode ceramah, metode kerja kelompok, metode demonstrasi, metode pemberian tugas, metode tanya jawab, metode diskusi, metode sosiodrama dan bermain peran. Media yang digunakan dikelas III Mi Ma’arif 03 Gentasari yaitu benda kongkrit, torso, buku cetak dan LKS, serta gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 01 Dec 2016 08:30
Last Modified: 01 Dec 2016 08:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1766

Actions (login required)

View Item View Item