KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR AL QUR'AN (STUDI PADA TPQ SUBULUSSALAM, KELURAHAN PURBALINGGA LOR, KECAMATAN PURBALINGGA, KABUPATEN PURBALINGGA)

Nida, Aisya (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR AL QUR'AN (STUDI PADA TPQ SUBULUSSALAM, KELURAHAN PURBALINGGA LOR, KECAMATAN PURBALINGGA, KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NIDA AISYA - KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR AL QUR'AN (Studi pada TPQ Subulussalam, Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejak masa pandemi Covid-19 sampai saat ini, aktivitas belajar dan mengajar di TPQ Subulussalam selain hari Jum’at, hanya sebatas membaca iqra atau Al Qur’an, kemudian pulang. Meskipun demikian, masih banyak santri yang malas untuk berangkat mengajikarena kurangnya komunikasi orang tua untuk memberikan perhatian kepada anaknya.Oleh sebab itu, komunikasi orang tua dengan anak menjadi peran penting dalam menumbuhkan motivasi belajar Al-Qur’an di TPQ Subulussalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi interpersonal orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an di TPQ Subulussalam dan faktor apa saja yang memengaruhi komunikasi interpersonal orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an di TPQ Subulussalam. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Objek dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal orang tua dengan anak dalam menumbuhkan motivasi belajar Al-Qur’an di TPQ Subulussalam, Kel. Purbalingga Lor, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai komunikasi interpersonal orang tua dengan anak dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al Qur’an di TPQ Subulussalam dan faktor yang memengaruhi komunikasi interpersonal orang tua dengan anak dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al Qur’an di TPQ Subulussalam. Hasil dari penelitian ini adalah proses komunikasi interpersonal melalui enam tahapan. Pertama, berbagi ide. Kedua, encoding. Ketiga, adanya media yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Keempat, penerimaan pesan mendalam. Kelima, melakukan decoding. Keenam, adanya feedback. Faktor pendukung dalam komunikasi interpersonal orang tua dengan anak dalam menumbuhkan motivasi belajar Al-Qur’an di TPQ Subulussalam adalah adanya feedback dari anak terhadap komunikasi yang dilakukan orang tuanya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah suasana hati anak yang sedang tidak bagus dan lingkungan sekitar, dimana ketika teman-temannya tidak berangkat mengaji, anaknya juga ikut tidak berangkat mengaji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, TPQ Subulussalam, Belajar Al-Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: NIDA AISYA sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:35
Last Modified: 31 Jan 2023 02:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17658

Actions (login required)

View Item View Item