UPAYA PENGEMBANGAN POTENSI KOPI LOKAL MELALUI STRATEGI PENGELOLAAN SUMBER DAYA DAN STRATEGI PEMASARAN (Studi Kasus pada Pengolahan Kopi Sonya Desa Sunyalangu, Karanglewas, Banyumas)

Alfin, Bayu Pamungkas (2023) UPAYA PENGEMBANGAN POTENSI KOPI LOKAL MELALUI STRATEGI PENGELOLAAN SUMBER DAYA DAN STRATEGI PEMASARAN (Studi Kasus pada Pengolahan Kopi Sonya Desa Sunyalangu, Karanglewas, Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alfin Bayu Pamungkas_Upaya Pengembangan Potensi Kopi Lokal Melalui Strategi Pengelolaan Sumber Daya dan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Pada Pengolahan Kopi Sonya Desa Sunyalangu, Karanglewas, Banyumas).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Produk kopi lokal di Desa Sunyalangu merupakan produk lokal yang potensial. Strategi yang dapat dilakukan pada usaha kopi lokal di Desa Sunyalangu diantaranya adalah memanfaatkan potensi sumber daya baik sumber daya alam maupun melalui penguatan SDM. Strategi ini bertujuan untuk membangun fondasi yang kuat agar usaha kopi di Desa Sunyalangu berjalan dengan baik. Strategi yang kedua yaitu melalui strategi pemasaran. Kendala yang dihadapi pemilik usaha kopi adalah proses pemasaran dan inisiasi produk ke pasaran. Strategi yang dapat dilakukan adalah marketing mix. Hasil dari program ini adalah adanya peningkatan pengetahuan pemilik usaha kopi sonya dalam memasarkan produk kopi lokal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengembangan Potensi Kopi Lokal Melalui Strategi Pengelolaan Sumber Daya dan Teknik Pemasaran di Pengolahan Kopi Sonya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa masih minimnya tingkat penjualan kopi sonya yang disebabkan oleh target pasar dan peluang pasar yang dituju belum sesuai dan tepat. Selain itu juga dalam produksi Kopi sonya belum optimal pada penerapan aspek fungsi manajemen yaitu tepatnya pada aspek organizing dan actuating yang dimana pada strukstur kepengurusan belum terstruktur. Kemudian pada aspek controlling yang kurang pada tahap pemasaran. Peneliti menyarankan kedepannya harus ada pembenahan pada aspek fungsi manajemen pada aspek organizing, planning dan controlling. Strategi pemasaran yang dilakukan harus disesuaikan dengan target pasar yang tepat yaitu menyasar pada para pecinta kopi. Selain itu harus mengarah pada kaum menengah ke atas dalam penjualannya. Sehingga peningkatan penjualan Kopi Sonya dapat berdampak meningkatnya kesejahteraan ekonomi masyarakat desa Sunyalangu. Kata Kunci: Usaha Kopi, Strategi Pengelolaan Sumber Daya, Strategi Pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kopi Lokal, Kopi Sonya, Strategi Pengelolaan Sumber Daya, Strategi Pemasaran
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
900 Geography and history > 907 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Alfin Bayu Pamungkas sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:33
Last Modified: 31 Jan 2023 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17651

Actions (login required)

View Item View Item