PENERAPAN METODE IMLA’DALAM PEMBELAJARAN B ARAB DI MI YAPPI PLANJAN KESUGIHAN CILACAP TH PELAJARAN 2013-2014

Ismiatul Kholifah, 102332017 (2014) PENERAPAN METODE IMLA’DALAM PEMBELAJARAN B ARAB DI MI YAPPI PLANJAN KESUGIHAN CILACAP TH PELAJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AHMAD YANTO_UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN B ARAB DI MTs AL-ASY’ARIYAH GENDOWANG MOGA PEMALANG TH PEL 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah di MI YAPPI Planjan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap terdapat beberapa siswa yang belum lancar dalam menulis Arab kususnya imla’. Oleh sebab itu, dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab, guru menerapakan metode imla’ yang sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Adapun masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode imla’ dalam pembelajaran bahasa Arab di MI YAPPI Planjan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap? Metode imla’ disebut juga metode dikte atau metode menulis di mana guru membacakan materi pelajaran dan siswa disuruh menulisnya di buku tulis. Adapun tujuan dari metode imla’ yaitu supaya anak didik dapat menuliskan kata-kata dan kalimat dalam bahasa Arab. Penerapan metode yang sesuai dalam kegiatan pembelajaran akan mempengaruhi hasil akhir dalam pembelajaran. Untuk itu dalam menentukan metode guru harus memperhatikan unsur-unsur pendukung dalam pembelajaran meliputi metode, materi, media dan evaluasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode observasi dan wawancara untuk menggali dan menghayati lebih dalam subjek dan objek penelitian secara langsung. Penelitian ini juga menggunakan metode dokumentasi untuk melengkapi data-data tentang objek penelitian. Objek dari penelitian ini adalah penerapan Metode imla’ dalam pembelajaran bahasa Arab di MI YAPPI Planjan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Arab, siswa kelas VI. Metode imla’ yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab di MI YAPPI Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap yaitu imla’ mandhūr dimana dalam penerapannya siswa melihat dan mempelajari teks bacaan atau tulisan yang ada di buku atau di papan tulis lalu siswa menutup dan membelakangi teks atau kalimat tersebut. Imla’ ini menuntut siswa supaya cermat dan teliti saat menulis. Di samping itu siswa juga dituntut mengingat bentuk tulisan dan berkonsentrasi dengan tulisan yang ada. Tujuan dari imla’ ini yaitu melatih siswa untuk menulis dengan baik dan benar serta siswa dapat memahami apa yang ditulisnya dan siswa lainpun dapat memahaminya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode imla’ dan pembelajaran bahasa Arab.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 01 Dec 2016 07:06
Last Modified: 01 Dec 2016 07:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1764

Actions (login required)

View Item View Item